Robertino Pugliara Berakhir, Fandi Eko Utomo Bisa Jadi Alternatif Persebaya Surabaya

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 16 Oktober 2018
Robertino Pugliara Berakhir, Fandi Eko Utomo Bisa Jadi Alternatif Persebaya Surabaya
Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, saat memberikan instruksi kepada para pemainnya dalam sesi latihan. (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya tak harus berlama-lama meratapi kehilangan Robertino Gabriel Pugliara. Mereka bisa menyiapkan Rendi Irwan, namun ada juga nama Fandi Eko Utomo. Alasannya, winning rate Fandi bersama Persebaya mendekati Robertino.

Meski penampilannya tak sebanyak Rendi, Fandi Eko Utomo cukup bagus untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Robertino. Apalagi, winning rate Persebaya jika Fandi dimainkan tak jauh berbeda dengan Robertino. Winning rate Fandi sebesar 25 persen, sementara gelandang serang asal Argentina tersebut lebih unggul dengan 27 persen.

“Absennya Robertino hingga akhir musim merupakan pukulan berat bagi Persebaya. Karena tidak bisa mengganti, kami harus pergunakan pemain yang ada. Sementara sekarang tinggal Rendi. Mungkin akan melakukan rekayasa posisi andai Rendi ada masalah,” jelas Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya.

Djadjang Nurdjaman menyebut bahwa tak menutup kemungkinan untuk menjajal pemain sayap ke posisi attacking midfielder. Artinya, selain Rendi, Djanur memiliki opsi pada sosok Fandi Eko Utomo, Oktafianus Fernando, hingga Osvaldo Haay.

“Mungkin akan melakukan rekayasa posisi andai Rendi ada masalah. Winger bisa juga nanti menempati posisi Robertino. Masih banyak opsi,” beber Djanur.

Tak hanya winning rate saja, catatan Fandi Eko Utomo dengan Robertino Pugliara juga tak terlalu mencolok. Dari delapan pertandingan, Fandi sudah membukukan satu assist dan satu gol. Sedangkan Robertino melesatkan satu gol dan lima assist dari 22 pertandingan.

Dengan catatan tersebut, Djanur bisa bernafas lega. Sebab, secara kualitas putera mantan pemain Persebaya, Yusuf Ekodono tersebut tak kalah dari Robertino. Hanya saja, pelatih asal Majalengka tersebut harus memoles penampilan Fandi agar bisa menutup lubang yang ditinggalkan Robertino.

Meski untuk akurasi operan, Robertino Pugliara masih lebih superior ketimbang Fandi Eko Utomo. Apabila Robertino membukukan 82 persen passing sukses, maka Fandi baru mencapai 77 persen. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Breaking News Fandi eko utomo Persebaya surabaya
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan