BolaSkor.com - Tim Nasional Italia menutup laga terakhir grup A Piala Eropa 2020 dengan mengalahkan Wales. Pertandingan ini menjadi ajang Gli Azzurri memamerkan kedalaman skuatnya.

Dalam laga yang berlangsung di Stadio Olimpico, Minggu (20/6), Italia menang dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan tuan rumah dicetak Matteo Pessina pada menit ke-39.

Hasil ini memastikan kesempurnaan tim asuhan Roberto Mancini di fase grup Piala Eropa 2020. Italia menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan untuk merebut status juara grup.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Piala Eropa Hari Ini: Makedonia Utara Vs Belanda Live RCTI

Hasil dan Klasemen Akhir Grup A Piala Eropa 2020: Italia Sempurna

Joachim Low Sindir Italia, Belanda, dan Belgia di Piala Eropa 2020

Timnas Italia

Menariknya, Mancini mengganti delapan pemain sekaligus dari daftar starter pada laga sebelumnya. Hal merupakan bagian rotasi demi lebih bugar kala melakoni babak 16 besar.

Namun hal ini seolah juga menjadi penegas meratanya kualitas pemain yang dimiliki Mancini. Meski turun dengan mayoritas pemain pelapis, Italia tetap tampil mendominasi.

“Saya sangat senang melihat bahwa saya mengubah delapan pemain, namun tim bermain bagus, bisa mencetak lebih banyak gol melawan tim yang sangat defensif,” kata Mancini usai pertandingan.

“Ketika Wales bermain dengan 10 pemain, mereka menjadi lebih defensif dengan semua orang berada di belakang bola. Tidak mudah menemukan ruang dalam situasi seperti itu."

Penampilan apik para pelapis tentu membuat pusing Mancini dalam menentukan susunan pemain utama di babak 16 besar nanti. Namun mantan pelatih Inter Milan tersebut justru menyambut hal ini dengan senang.

"Lebih baik memiliki semua orang yang kita miliki dan 'menderita' dengan meninggalkan seseorang yang sangat berbakat daripada tidak memiliki pilihan," tambahnya.

“Kami sudah melakukan itu sejak awal, ada begitu banyak pemain yang pantas berada di sana dan kami harus membuat pilihan.”

Calon Lawan Italia

Sebagai juara grup A, Italia akan bertemu runner up grup C di babak 16 besar mendatang. Tempat tersebut masih diperebutkan Ukraina dan Austria.

Kualitas Ukraina dan Austria tentu masih di bawah Italia. Namun Mancini tak mau menganggap remeh karena tekanan di fase gugur akan berbeda.

“Turnamen yang berbeda dimulai sekarang. Kami berharap bisa bermain bagus dan kemudian kembali ke Wembley lebih jauh di kompetisi ini," pungkasnya.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini