BolaSkor.com - PSSI mengintip peluang untuk menaturalisasi kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi, guna membela Timnas Indonesia. Hal ini dikatakan langsung oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani.

Emil Audero merupakan pemain keturunan Indonesia yang memiliki darah Indonesia dari sang ayah. Sang ayah berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kiper kelahiran Mataram, NTB, 18 Januari 1997 itu pernah menolak untuk bermain di Timnas Indonesia. Ia pernah membela timnas Italia U-21 saat membela Juventus. Namun kariernya menurun, sehingga Emil pindah ke Sampdoria untuk menambah jam terbang.

"Jadi ceritanya bidang ke-dirtek-an PSSI kan punya database pemain keturunan dan pemain Indonesia, saya juga mengajukan ke sana supaya dilihat kiper Sampdoria. Dia kan punya darah Indonesia dari sang ayah. Saya akhirnya menelepon kawan saya seorang agen di Italia. Dia langsung menghubungi (Roberto) Mancini (pelatih timnas Italia). Kata Mancini, dia tidak tertarik membawanya ke timnas Italia Senior, mungkin karena persaingan yang ketat," kata Hasani Abdulgani kepada BolaSkor.com.

Baca Juga:

Baru Mees Hilgers dan Sandy Walsh Setuju untuk Bela Timnas Indonesia

4 Pemain Keturunan Permintaan Shin Tae-yong Sulit Main di Piala AFF 2020

Emil Audero Mulyadi
Emil Audero Mulyadi. (Istimewa)

"Jadi kita punya peluang, saya lihat kiper ini sangat tinggi ya sekitar 190-an cm. Namun kembali lagi keputusan ada di tangan Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala Timnas. Jika dia merekomendasikan bisa kita proses. Kalau tidak, ya tidak kita proses," tambahnya.

Hasani Abdulgani merupakan utusan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, untuk bertanggung jawab membantu bagian ke-dirtek-an PSSI memproses empat pemain keturunan yang diminta Shin Tae-yong, yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, Kevin Diks, dan Mees Hilgers.

Dari empat pemain tersebut baru, Sandy Walsh dan Mees Hilgers yang sudah konfirmasi bersedia bela Timnas Indonesia. Sedangkan Jordi Amat dan Kevin Diks berjanji akan segera mengonfirmasi.