BolaSkor.com - Tepat satu pekan lalu, Italia berhasil menobatkan diri sebagai juara Piala Eropa 2020. Sang pelatih, Roberto Mancini berbagi cerita terkait resep di balik kesuksesan tersebut.

Italia meraih gelar juara usai mengalahkan Inggris pada laga final. Gli Azzurri dipaksa melakoni babak adu penalti untuk menggondol gelar juara.

Penampilan Italia harus diakui sangat impresif sejak awal turnamen. Mereka menyapu bersih semua pertandingan dengan kemenangan.

Baca Juga:

Proyek Besar Italia, Tuan Rumah Piala Eropa 2028 atau Piala Dunia 2030

Viral, Kisah Kakek Jadi Saksi Italia Juara dari 1934-2021

Pidato Singkat Mancini di Balik Kesuksesan Italia Juara Piala Eropa 2020

Timnas Italia

Mancini mengakui performa apik Italia pada Piala Eropa 2020 bukan hanya ditentukan oleh bakat para pemainnya. Kekompakan antara satu sama lain juga memegang peran yang tak kalah penting.

"Seperti yang mungkin telah Anda kumpulkan, sebagian besar kekuatan dalam kelompok ini bukan hanya karena bakat. Namun juga kemanusiaan, kegembiraan, dan kepercayaan diri," tulis Mancini di akun media sosialnya.

“Grup yang luar biasa. Para pemuda yang mampu tersenyum dan merasakan kegembiraan bahkan saat mencapai momen penuh ketegangan seperti adu penalti."

Para pemain yang memperkuat Italia di Piala Eropa 2020 berasal dari banyak klub yang berbeda. Klub-klub kecil seperti Sassuolo, Torino, hingga Atalanta juga mampu mengirimkan wakilnya.

Namun latar belakang yang berbeda itu tak membuat Mancini kesulitan menyatukan visi dan misi para pemainnya. Terbukti, siapa pun yang turun bertanding mampu memberikan kontribusi yang maksimal.

“Kami membuktikan bahwa kami bisa menjadi profesional hebat tanpa lupa menjadi manusia. Untuk petualangan pertama yang berakhir dengan cara terbaik ini, saya tidak bisa mengatakan apa-apa selain terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang yaitu penggemar, pemain, staf, teman," tambahnya.

“Forza Azzurri!”

Perjalanan Italia di Piala Eropa 2020 diangkat ke dalam sebuah serial dokumenter berjudul Sogno Azzurro. Salah satu yang menarik dari serial tersebut tentu pidato singkat Mancini jelang melakoni laga final.