Roberto Martinez Ungkap Penyebab Tinggalkan Timnas Belgia

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 01 Januari 2023
Roberto Martinez Ungkap Penyebab Tinggalkan Timnas Belgia
Roberto Martinez (Twitter)

BolaSkor.com - Roberto Martinez buka-bukaan terkait keputusan mundur dari kursi pelatih Timnas Belgia. Kekalahan atas Maroko nyatanya menjadi pemicu utama.

Martinez ditunjuk menangani Timnas Belgia usai gelaran Piala Eropa 2016. Ia kemudian berhasil membawa timnya menjadi ditakuti di Eropa dan dunia hingga sempat menduduki peringkat satu FIFA.

Namun generasi emas Belgia yang dipimpin Kevin De Bruyne nyatanya masih gagal untuk mempersembahkan. Piala Dunia 2022 dianggap sebagai kesempatan terakhir mereka untuk memenuhi ambisi tersebut.

Baca Juga:

Menilik Skuad Belgia di Piala Dunia 2022: Pembuktian Generasi Emas

Piala Dunia 2022: Roberto Martinez Berhenti Latih Timnas Belgia

Piala Dunia 2022, Percobaan Ketiga Roberto Martinez dengan Timnas Belgia

Sayang yang terjadi kemudian jauh dari yang dibayangkan. Alih-alih bersaing merebut gelar juara, Belgia harus tersingkir di fase grup.

Hasil imbang kontra Kroasia pada laga terakhir grup F memastikan kepulangan Belgia. The Red Devils hanya mampu duduk di peringkat ketiga.

Menariknya, Martinez sudah memberi tahu anak-anak asuhnya bahwa dirinya akan mengundurkan diri sebelum laga kontra Kroasia di mulai. Keputusan itu nyatanya diumumkan tepat setelah Belgia kalah mengejutkan dari Maroko pada laga kedua.

"Untuk Anda (media), sangat sulit untuk mendapatkan pesan saya akan berhenti. Namun tidak untuk para pemain," kata Martinez kepada Het Laatste Nieuws.

"Saya belum pernah melakukan ini sebelumnya dan berharap saya tidak perlu melakukannya lagi. Saya tidak bisa mengendalikan semua emosi lagi."

Kekalahan Belgia atas Maroko tampaknya sangat membuat kecewa Martinez. Padahal saat itu peluang timnya untuk lolos ke babak 16 besar masih terbuka.

Itu artinya, para pemain Belgia sadar duel kontra Kroasia bisa menjadi laga terakhir mereka di bawah asuhan Martinez andai gagal meraih kemenangan. Hal tersebut pun kemudian menjadi kenyataan.

Namun Martinez membantah ruang ganti Belgia dilanda perpecahan. Pengumumannya untuk mengundurkan diri justru meningkatkan motivasi para pemain untuk tampil maksimal kontra Kroasia.

"Apa yang terjadi di ruang ganti, tetap di ruang ganti karena itu adalah tempat yang sakral. Namun apakah para pemain berbicara satu sama lain? maka jawabannya ya," tambahnya.

'Fakta yang terjadi kebalikan dari apa yang diklaim media. Mereka disebut tidak peduli satu sama lain padahal situasinya jauh dari itu."

Roberto martinez Timnas Belgia Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan