BolaSkor.com - Sial betul nasib Matteo Guendouzi. Belum lama menjadi andalan Arsenal, ia kini terancam dijual pada bursa transfer musim panas mendatang.

Guendouzi mengawali musim 2019-2020 dengan gemilang. Ia menjadi salah satu andalan Arsenal di lini tengah ketika masih ditangani Unai Emery.

Namun nasibnya berubah drastis sejak Mikel Arteta datang pada Desember silam. Ia langsung kehilangan tenmpatnya di skuat utama.

Guendouzi hanya tampil empat kali sebagai starter di Premier League sejak Arteta mengambil kemudi. Padahal sebelumnya, ia hanya dua kali absen dari daftar sebelas pemain utama.

Baca Juga:

Ditunggu Leicester, Mikel Arteta Minta Arsenal Tidak Ceroboh

Tampil di Stadion Kosong Bikin Kemampuan Pemain Arsenal Melonjak

Arsenal Vs Leicester City, Melanjutkan Keperkasaan The Gunners di Kandang

Matteo Guendouzi dan Mikel Arteta

Masalah bertambah bagi Guendouzi karena beberapa kali terlibat friksi langsung dengan Arteta. Terakhir, ia harus disidang setelah bertindak berlebihan dengan mencekik Neal Maupay usai Arsenal takluk dari Brighton & Hove Albion, dua pekan lalu.

Guendouzi bukan tanpa alasan melakukan hal tak terpuji itu. Ia merasa marah karena Maupay menyebabkan Bernd Leno cedera dalam laga tersebut.

Namun aksi solidaritasnya dipandang berbeda oleh Arteta. Ia menilai aksi tersebut tak pantas dilakukan apa pun alasannya.

Sejak saat itu, nama Guendouzi seolah dihapus dari daftar pemain Arsenal. Ia tak disertakan sebagai cadangan sekali pun dalam tiga laga terakhir The Gunners.

Dilansir The Athletic, Guendouzi sudah dikeluarkan Arteta dari skuat Arsenal. Kini ia hanya berlatih terpisah dengan pelatih kebugaran.

Kabar terbaru menyebut Arsenal akan segera melakukan pertemuan dengan agen Guendouzi. Klub London Utara itu nampaknya sudah mengambil keputusan untuk melepasnya baik dengan menjualnya atau dengan status pinjaman terlebih dahulu.

Arteta memang dikenal cukup tegas dalam mengatur perilaku pemainnya. Ia menganggap hal ini merupakan faktor kunci untuk mengembalikan kejayaan Arsenal.

"Para pemain harus menghargai nilai-nilai yang ingin kami terapkan. Mereka harus 100 persen berkomitmen pada budaya klub, dan para pemain yang bertanggung jawab setiap hari atas apa yang kami minta dari mereka,” kata Arteta beberapa waktu lalu.

Situasi yang dialami Guendouzi ini lebih dulu dirasakan Mesut Ozil. Pemain berkebangsaan Jerman itu sudah tak pernah merumput lagi sejak kompetisi berguilir kembali pertengahan bulan lalu.