Roda Berputar Begitu Cepat untuk Timnas Italia

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 16 November 2021
Roda Berputar Begitu Cepat untuk Timnas Italia
Timnas Italia (Twitter)

BolaSkor.com - Nasib Timnas Italia sepanjang tahun 2021 bak roller coaster. Sempat berjaya dengan menjuarai Piala Eropa, Gli Azzurri menutup tahun dengan kenyataan gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Italia menjuarai Piala Eropa 2020 pada pertengahan tahun ini dengan penampilan impresif. Leonardo Bonucci tak terkalahkan sejak fase grup.

Italia juga mampu memecahkan rekor tak terkalahkan terlama di ajang internasional dengan 37 laga. Torehan itu diraih saat menang 5-0 atas Lithuania pada awal September silam.

Baca Juga:

Diimbangi Swiss, Peluang Italia Lolos ke Piala Dunia 2022 Terancam

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Inggris Mengamuk, Italia Ikuti Jejak Portugal

Tak Ada Akar Rotan Pun Jadi, Italia Tak Risau Banyak Pemain Cedera

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini

Namun performa Italia terlihat menurun secara perlahan usai menjuarai Piala Eropa. Hal itu terlihat di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 dan UEFA Nations League.

Setelah menjuarai Piala Eropa, Italia tercatat hanya mampu meraih dua kemenangan dari lima laga di kualifikasi Piala Dunia 2022. Tiga laga lainnya berakhir imbang.

Italia juga gagal meraih gelar juara Nations League meski bertindak sebagai tuan rumah. Mereka hanya mampu merebut peringkat ketiga.

Titik terendah Italia sepanjang tahun ini terjadi saat bertandang ke markas Irlandia Utara pada laga pamungkas kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (16/11) dini hari WIB. Butuh kemenangan untuk lolos otomatis, tim asuhan Roberto Mancini hanya mampu bermain imbang 0-0.

Hal itu membuat Italia kehilangan status juara grup. Swiss menyalip di tikungan terakhir usai menang 4-0 atas Bulgaria.

“Sayang sekali, karena kita seharusnya menyegel juara grup jauh sebelum sampai seperti ini. Kita hanya perlu menemukan kembali apa yang menjadi ciri khas kita hingga saat ini," kata Mancini kepada RAI Sport.

"Kami memiliki dua penalti yang gagal di pertandingan yang menentukan, sehingga menunjukkan bahwa kami memiliki peluang untuk menang. Sekarang kami bersiap untuk Maret dan kami masuk ke babak play-off dengan percaya diri."

Tampil di playoff tentu membuat Italia teringat memori kelam pada edisi Piala Dunia 2018. Saat itu mereka gagal berlaga di putaran final karena takluk dari Swedia pada fase ini.

Namun Mancini tak peduli dengan kenangan buruk tersebut. Ia percaya diri Italia pada akhirnya akan mendapatkan tiket untuk berlaga di Qatar.

"Kami akan memesan tempat kami di Piala Dunia pada bulan Maret mendatang dan mudah-mudahan memenangkan turnamen juga," pungkasnya.

Timnas Italia Kualifikasi Piala Dunia 2022 Roberto Mancini Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan