Rodri Kelak Akan Menjadi Suksesor bagi Sergio Busquets di Timnas Spanyol

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 05 Oktober 2018
Rodri Kelak Akan Menjadi Suksesor bagi Sergio Busquets di Timnas Spanyol
Rodri, penerus Sergio Busquets di timnas Spanyol (Zimbio)

BolaSkor.com - Usia Sergio Busquets tahun ini genap berusia 30 tahun. Tidak terasa, gelandang jangkar yang tadinya bermain dengan Xavi Hernandez, Andres Iniesta di Barcelona, kini telah berkepala tiga dan - mungkin - akan segera pensiun.

Mencari suksesor Busquets bukanlah perkara yang mudah. Tidak hanya pandai menempatkan posisi untuk melapis lini belakang, penerusnya nanti juga harus pintar membaca permainan, mampu merebut bola, dan turut mengoper bola nan akurat dengan visi bermain. Singkatnya, metronom di lini tengah.

Permainan Busquet itulah yang menjadikannya gelandang paling underrated di seluruh dunia. Peran yang hanya dihargai atau diapresiasi rekan setim, namun tidak disorot dengan besar layaknya penyerang atau kiper. Itulah kenapa, Busquets bisa mengemas 300 laga lebih dengan Barcelona dan 100 laga lebih untuk timnas Spanyol.

Perannya sangat vital. Andai Busquets tidak bermain untuk Barca atau Spanyol, rekan setimnya merasakan dampak dari ketidakseimbangan permainan dan juga kehilangan sosok penghubung dari belakang ke depan. Kendati demikian, saat ini ada satu pemain yang punya kemiripan bermain dengan Busquets.

Dia adalah gelandang berusia 22 tahun Atletico Madrid, Rodrigo Hernandez Cascante atau akrab disapa Rodri. Tiga musim terakhir bermain dengan Villarreal benar-benar telah mengembangkan kemampuan Rodri. Diego Simone juga memercayainya bermain di Atletico.

Rodri telah menjadi starter di enam laga Atletico di seluruh kompetisi musim ini, termasuk saat memainkan laga panas dan intensitas tinggi akhir pekan lalu kontra Real Madrid di Derby Madrid.

Berkat konsistensinya itu, Rodri dipanggil oleh Luis Enrique ke timnas Spanyol pada jeda internasional Oktober ini. Sudah kedua kalinya Rodri dipanggil Enrique ke dalam skuat Spanyol. Ia bisa belajar langsung dari Busquets untuk jadi gelandang jangkar masa depan La Furia Roja.

Enrique, mantan pelatih Barca, juga melihat adanya kesamaan bermain Rodri dengan Busquets. Bahkan, ia yakin Rodri bisa leih baik lagi dari Busquets di masa mendatang.

"Saya telah berbicara mengenai kesamaan mereka (Rodri dan Busquets). Tidak bagus terlalu banyak memberikan pujian dan dia masih sangat muda, namun Rodri datang sebagai pemain yang sangat profesional dan siap secara mental," tutur Enrique di Goal.

"Dia bisa mencapai level Busquets dan mungkin melewatinya. Siapa tahu batasan yang dimilikinya?" sambung Enrique. Semakin sering Rodri bermain di sisi Busquets, semakin cepat juga ia memahami dan belajar hal-hal yang dibutuhkan untuk bermain sebagai gelandang jangkar.

Breaking News Luis enrique Timnas Spanyol Rodrigo Sergio busquets FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.166

Bagikan