Romelu Lukaku Jadi Korban Serangan Rasial, Juventus Kerja Sama dengan Polisi Cari Pelaku

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 05 April 2023
Romelu Lukaku Jadi Korban Serangan Rasial, Juventus Kerja Sama dengan Polisi Cari Pelaku
Romelu Lukaku (Twitter)

BolaSkor.com - Derby d'Italia antara Juventus kontra Inter Milan di leg satu semifinal Coppa Italia di Juventus Stadium, Rabu (05/04) dini hari WIB, berakhir imbang 1-1. Gol dari Juan Cuadrado dibalas oleh gol penalti Romelu Lukaku.

Dengan hasil tersebut kedua tim masih punya peluang sama besarnya untuk lolos ke final. Namun bukan hasil akhir yang menjadi sorotan, melainkan drama jelang akhir laga di mana wasit memberikan tiga kartu merah untuk Juan Cuadrado, Romelu Lukaku, dan Samir Handanovic.

Kartu merah untuk Cuadrado dan Handanovic karena reaksi berlebih, tetapi untuk Lukaku menjadi kontroversi karena ia dapat kartu merah karena dinilai memprovokasi fans dengan selebrasi, yang seyogyanya biasa ia lakukan.

Parahnya lagi, Lukaku juga menjadi korban serangan rasial oknum fans Juventus dan kartu merah itu menjadi kontroversi. Mengenai isu rasial tersebut Inter sudah menunjukkan sikap tegas.

Baca juga:

Kronologis Keributan Duel Juventus Vs Inter yang Berbuntut Kartu Merah Romelu Lukaku

Inter Dibungkam Fiorentina, Inzaghi Enggan Jadikan Lukaku Kambing Hitam

Inter Milan Bisa Kembali Menangi Scudetto Bersama Antonio Conte

"Kami adalah saudara dan saudari di dunia. Sejak 9 Maret 1908, ini adalah kisah kami. Kami ingin menegaskan kembali bahwa kami bersatu melawan rasialisme dan segala bentuk diskriminasi," tegas Inter di laman resmi klub.

Juventus pun bekerja sama dengan Inter untuk mencari pelaku serangan rasial tersebut. Il Bianconeri menegaskan akan bekerja sama juga dengan pihak kepolisian.

"Juventus Football Club, seperti biasa, bekerja sama dengan polisi untuk mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab atas gerakan dan nyanyian rasial yang terjadi tadi malam. Codice di Gradimento akan diterapkan pada mereka yang bertanggung jawab," tambah pernyataan dari Juventus.

Michael Yormak dari Roc Nations Sports International, yang juga agen Lukaku, sudah mengutuk pelaku serangan rasial tersebut dan menuntut permintaan maaf dari Juventus.

"Rasialisme malam ini yang dibuat terhadap Romelu Lukaku oleh fans Juventus di Turin sangat tercela dan tidak dapat diterima. Romelu mencetak penalti di akhir pertandingan. Sebelum, selama, dan setelah penalti, dia menjadi sasaran pelecehan rasial yang bermusuhan dan menjijikkan," ucap Yormak.

"Romelu merayakan dengan cara yang sama dia merayakan gol sebelumnya. Tanggapan wasit adalah memberikan kartu kuning kepada Romelu. Romelu pantas mendapatkan permintaan maaf dari Juventus, dan saya berharap liga segera mengutuk perilaku sekelompok pendukung Juventus ini."

"Otoritas Italia harus menggunakan kesempatan ini untuk mengatasi rasialisme, daripada menghukum korban pelecehan. Saya yakin dunia sepak bola memiliki sentimen yang sama," urainya.

Lukaku Romelu lukaku Inter Inter Milan Juventus Coppa Italia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan