Ronald Koeman Ungkap Cara Bikin Messi Kembali Nyaman di Barcelona

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 25 Desember 2020
Ronald Koeman Ungkap Cara Bikin Messi Kembali Nyaman di Barcelona
Ronald Koeman (Twitter)

BolaSkor.com - Lionel Messi kini merasa nyaman di Barcelona meski sempat meminta hengkang pada musim panas lalu. Ternyata hal itu tak lepas dari peran sang pelatih, Ronald Koeman.

Hubungan Messi dan Barcelona memang memburuk sejak musim lalu. Konflik internal dengan manajemen dan performa buruk Blaugrana di bawah asuhan Quique Setien menjadi salah satu pemicunya.

Berbagai masalah itu membuat Messi memutuskan untuk pergi pada musim panas lalu dengan memanfaatkan salah satu klausul dalam kontraknya. Namun rencana tersebut tak disetujui manajemen Barcelona.

Baca Juga:

Lionel Messi Lalui Rekor Berusia 46 Tahun Milik Pele

Oblak Cerita Panjang Lebar soal Messi, Isinya Pujian Semua

Misteri Tujuan Lionel Messi Usai Pergi dengan Jet Pribadi

Lionel Messi dan Ronald Koeman

Messi pada akhirnya harus bertahan di Barcelona meski dengan sedikit terpaksa. Hal itu membuat komitmen La Pulga untuk klub yang membesarkan namanya tersebut mulai diragukan.

Ketakutan tersebut sempat terlihat di awal musim saat Messi hanya mampu mencetak satu gol dari enam laga perdana LaLiga. Hal itu secara tak langsung mempengaruhi performa Barcelona.

Namun secara perlahan Messi mulai kembali rutin mencetak gol. Ia pun kini menjadi top skorer Barcelona seperti yang biasa dilakukan pada musim-musim sebelumnya.

Koeman mengaku memang memberikan perhatian khusus kepada Messi. Ia sadar harus membuat sang pemain nyaman dulu untuk melihat seluruh kemampuannya.

“Dia (Messi) berlatih keras setiap hari, dia sangat sibuk. Sebagai pelatih, saya suka berbicara dengan para pemain saya dan saya juga berbicara dengannya tentang ini dan hal-hal lain karena dia juga kapten tim," kata Koeman di situs resmi klub.

“Kami berbicara tentang banyak hal mengenai masalah dalam tim, aturan, dan bukan hanya cara kami bermain. Itu adalah bagian dari keseharian seorang pelatih, bahwa anda harus berkomunikasi dengan para pemain anda.”

Selain itu, Koeman juga sempat membuat keputusan berani dengan mengistirahatkan Messi dalam sejumlah pertandingan. Hal ini jarang dilakukan para pendahulunya.

Namun Koeman punya alasan kuat di balik keputusan itu. Ia harus menjaga Messi tetap fit sampai akhir musim.

"Jika dia fit untuk bermain dan cukup bagus maka dia akan bermain, tapi tentu saja dia lebih tua dari sebelumnya. Meskipun dia adalah pemain yang masih ingin bermain dan terutama untuk memenangkannya," tambahnya.

Perlakuan yang ditunjukkan Koeman kepada Messi kini menghidupkan asa Barcelona untuk memperpanjang kontrak sang megabintang. Seperti diketahui, kontrak Messi akan habis pada akhir musim ini.

Barcelona Lionel Messi Ronald Koeman Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan