BolaSkor.com - Ronaldinho adalah salah satu jenius sepak bola modern. Legenda hidup Brasil yang berusia 39 tahun ini sudah memenangkan dua penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA dan Ballon d'Or sebagai simbol kehebatannya.

Teknik, trik, tipuan, dan operan tanpa cacatnya menghiasi Camp Nou dalam lima tahun dia membintangi Barcelona. Tapi, setelah secara resmi pensiun sebagai pemain pada 2018 kehidupan sang ikon seperti gasing yang berputar tak terkendali.

Beberapa hari lalu, tersiar berita bahwa Ronaldinho sedang diselidiki di Paraguay atas dugaan memiliki paspor palsu. Ya, itu hanyalah satu skandal dari rentetan yang pernah menghinggapinya.

Baca Juga:

Di Balik Gol Sepakan Bebas Lionel Messi, Ada Sentuhan Ronaldinho, Deco, dan Maradona

Performa Menurun, Barcelona Dinilai Tengah Memasuki Fase Akhir Sebuah Era

Sang bintang sekarang menemukan dirinya menjadi berita utama lagi untuk alasan yang salah. Sebutan magnet skandal atau masalah pun masih melekat pada diri Ronaldinho.


Godaan Paris

Diakui secara universal sebagai salah satu pemain paling terampil dalam menggoreng bola, Ronaldinho pertama kali naik ke panggung Eropa saat meninggalkan Gremio dan bergabung dengan Paris Saint-Germain pada 2001.

Muda dan sangat berbakat, Ronaldinho tidak membiarkan profesinya menghalangi kecintaannya terhadap kehidupan malam Paris. "Ronaldinho tidak berlatih setiap hari dan hanya akan muncul pada hari Jumat untuk pertandingan Sabtu," mantan gelandang PSG Jerome Leroy mengenang.

Di Kota Mode inilah Ronaldinho mengukuhkan kredibilitas sebagai megastar Brasil yang hobi berpesta. Kebiasaan yang terus dibawanya saat dia bergabung dengan Barcelona.


Contoh Buruk buat Messi

Popularitas Ronaldinho makin melesat usai memenangkan Piala Dunia bersama Brasil pada 2002. Pada turnamen ini Ronaldinho menandai kebintangannya dengan mencetak gol spektakuler pada perempat final ke gawang Inggris.

Ronaldinho hijrah ke Barcelona dari PSG pada 2003. Di Barcelona, Ronaldinho langsung mampu mencuri hati publik Camp Nou lewat permainannya yang memikat dan menghibur. Status kebintangan Ronaldinho makin melangit.

Saat bersama Barcelonalah Ronaldinho dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA pada 2004 dan 2005. Dia juga merebut Ballon d'Or pada 2005 dan membantu Barca meraih gelar Liga Champions 2006.

Di Barcelona, Ronaldinho menjadi saksi munculnya seorang superstar muda yang bernama Lionel Messi. Bocah Argentina itu langsung dirangkulnya. Bisa dikatakan, Ronaldinho adalah sosok pertama yang dianggap teman oleh Messi yang kala itu sangat tertutup dan kesulitan beradaptasi dengan tim senior.

Sebagai mentor, Ronaldinho bukanlah yang terbaik. Meski dia sangat membantu Messi hingga bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya, Ronaldinho bukanlah teladan. Kebiasaannya berpesta hingga larut malam dinilai bisa meracuni sang calon bintang.

Menurut mantan rekan setimnya di Barcelona Alexander Hleb, Ronaldinho dan Deco acap muncul ke tempat latihan dalam kondisi tidak siap.
"Ronaldinho dan Deco datang untuk berlatih dalam keadaan mabuk. Itulah sebabnya Ronaldinho dan Deco dijual pada 2008. Karena mereka takut akan menjatuhkan Lionel Messi," kata Hleb.


Pesta Berlanjut di Milan

Setelah lima musim di Spanyol, Ronaldinho mendarat ke AC Milan pada 2008. Sudah bisa diterka, Dinho masih enggan membuang kebiasaan hedonistiknya. Tidak sedikit yang menyatakan, Ronaldinho menikmati kehidupan malam Milan sama bersemangatnya seperti saat dia di Barcelona.

Pada November 2010 dia kedapatan meninggalkan bar Milan pada jam 2 dini hari. Padahal saat itu sedang menjelang derby Milan. Tak pela lagi, pelatih Milan saat itu Massimiliano Allegri, memutuskan meninggalkannya di bangku cadangan.

Dari Milan, sang bintang kembali ke Brasil untuk bergabung dengan Flamengo pada Januari 2011. Meskipun memasuki senja kariernya, dia tidak menunjukkan tanda-tanda lepas dari pesta. Bahkan dia dilaporkan menuntut adanya klausul yang memungkinkannya untuk pergi keluar berpesta dua kali sepekan dalam kontraknya.


Playboy Beristri Dua

Selama bertahun-tahun, Ronaldinho yang tidak memiliki masalah dalam menarik wanita cantik. Pada 2018, Dinho dipaksa untuk menyangkal klaim bahwa dirinya menikahi dua wanita pada saat bersamaan.

Surat kabar Brasil OGlobo kala itu mengungkapkan bahwa Ronaldinho akan menikahi dua kekasihnya sekaligus, Beatriz Souza dan Priscilla Coelho. Dikabarkan bahwa Dinho telah menghadiahkan cincin pertunangan dan upacara pernikahan akan berlangsung di rumah besarnya senilai 5 juta poundsterling di Rio de Janiero.

Ronaldinho terpaksa mengeluarkan bantahan karena Bigamy ilegal di Brasil dan dapat dijatuhi hukuman penjara hingga enam tahun. "Seluruh dunia memanggil saya. Saya tidak akan menikah," katanya saat itu.

Dan memang, dari kabarnya menikahi dua wanita, pada akhirnya Ronaldinho tidak menikah sama sekali.


Terjerat Utang

Lepas dari lapangan hijau, Ronaldinho tetap menjadi salah satu ikon sepak bola paling populer dan diperkirakan bernilai lebih dari 100 juta dollar AS. Dia masih mengumpulkan banyak uang dari sponsor dan posting berbayar di akun Instagramnya yang memiliki 51 juta pengikut.

Meski demikian, semua uang yang datang seakan tidak cukup untuk memenuhi gaya hidupnya. Alhasil, Dinho terlilit utang. Pada musim panas tahun lalu, beberapa properti dan mobil-mobil mewah yang dimilikinya harus disita pihak berwenang di Brasil. Tidak hanya itu, paspor Brasil dan Spanyolnya ikut disita karena utang yang belum dibayar. Penyitaan dilakukan karena pihak berwenang mengungkap bahwa rekening banknya, sang bintang hanya memiliki saldo senilai 7 dollar AS.

Ironis memang melihat berita tentang Ronaldinho belakangan ini. Menarik ditunggu bab selanjutnya dalam kehidupan dari salah satu karakter sepak bola yang paling penuh warna. Ronaldinho, seorang legenda yang menjadi magnet masalah.