BolaSkor.com – Setelah melalui proses dan diskusi panjang, CONMEBOL akhirnya memutuskan final Copa Libertadores 2018 berlangsung di Santiago Bernabeu, markas Real Madrid, Senin (10/12) pukul 02.30 dini hari WIB.

Final kali ini memang berbeda. Pertemuan dua seteru abadi, River Plate dan Boca Juniors, dalam laga bertajuk Superclasico membelah publik Argentina menjadi dua sisi: satu fans River dan satunya lagi Boca. Sekedar informasi, kedua klub merupakan tim bersejarah dan besar Argentina.

Leg pertama berjalan baik di La Bombonera dengan skor 2-2. Namun di leg kedua yang seharusnya berlangsung di El Monumental, pertandingan urung terlaksana karena tindakan oknum fans River yang melempari bus Boca dengan benda-benda dan menyebabkan beberapa pemain terluka.

CONMEBOL menunda laga dan memutuskan pertandingan tak dapat berlangsung di Argentina. Alhasil, laga dimainkan di Bernabeu karena banyak faktor, salah satunya jaminan dari sisi keamanan karena Bernabeu kerapkali menghelat laga-laga besar.

Baca Juga:

Seharusnya Penyelenggara Copa Libertadores Tiru Liga Indonesia

Boca Juniors dan River Plate Protes Final Copa Libertadores di Santiago Bernabeu

Final Copa Libertadores Berlangsung di Santiago Bernabeu, Fans Diimbau Tidak Rusuh

RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol) coba membantu meramaikan pertandingan tersebut dengan mengundang dua superstar, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, untuk menonton bersama laga di Bernabeu melalui ruangan VIP.

“Kehadiran Cristiano dan Messi akan jadi pesan yang indah untuk sepak bola, dan itu akan menempatkan kedua pemain di tempat yang pantas untuk mereka,” tutur RFEF kepada AS.

Keinginan RFEF ditanggapi positif oleh Florentino Perez, Presiden Madrid, yang juga ingin melihat kedua megabintang yang sudah mendominasi sepak bola Eropa selama 10 tahun terakhir duduk bersama menyaksikan final Copa Libertadores 2018.

Messi sudah mengonfirmasi kehadirannya di Bernabeu. Cukup mudah baginya memutuskan karena ia akan menyaksikan dua klub besar dari kampung halamannya.

Sementara Ronaldo belum mengonfirmasinya. Besar kemungkinan CR7 akan menolaknya karena luka akibat kepergiannya dari Madrid ke Juventus di awal musim panas ini masih berbekas di hatinya.

Pemain asal Portugal berusia 33 tahun itu pernah menuturkan alasan kepergiannya dari Bernabeu, setelah sembilan tahun lamanya, karena tak lagi dihargai oleh Perez.