BolaSkor.com - Pemain muda Madura United, Ronaldo Kwateh, memecahkan rekor menjadi pemain termuda yang melakoni debut bersama Timnas Indonesia Senior. Ia memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Asnawi Mangkualam Bahar.

Timnas Indonesia menang 4-1 atas Timor Leste, dalam laga FIFA Macthday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (28/1) malam WIB.

Empat gol Timnas Indonesia dilesakkan oleh Ricky Kambuaya (65'), Pratama Arhan (penalti 72), bunuh diri Junildo Pereira (77'), dan bunuh diri Filomeno Junior da Costa (79'). Sementara satu gol Timor Leste dicetak oleh Gali da Costa Freitas pada menit ke-34.

Baca Juga:

Galeri Foto: Timnas Indonesia Gebuk Timor Leste 4-1

Shin Tae-yong Akui Penampilan Timnas di Babak Kedua Membaik Berkat Pergantian Pemain

Dalam laga tersebut, ada empat debutan yakni Sani Rizky Fauzi, Ronaldo Kwateh, Marselino Ferdinan, Achmad Figo, dan Terens Puhiri. Khusus Ronaldo, pemain keturunan Indonesia-Liberia itu menjadi debutan termuda di Timnas Indonesia.

Ronaldo melakoni debut bersama Timnas Indonesia di usia 17 tahun, 3 bulan dan 8 hari. Memecahkan rekor Asnawi Mangkualam dengan 17 tahun, 5 bulan dan 17 hari saat Timnas Indonesia melawan Myanmar pada 21 Maret 2017.

Ia menggantikan peran Ramai Rumakiek di jeda babak pertama. Pemain berumur 17 tahun itu langsung berkontribusi dengan mencetak assist kepada Ricky Kambuaya.

Setelah Ronaldo Kwateh, pemain lainnya yang masuk kriteria debutan termuda kedua adalah Marselino Ferdinan dengan usia 17 tahun , 4 bulan, dan 18 hari. Ia menggantikan peran Evan Dimas pada menit ke-66.

Ronaldo Kwateh juga tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Liga 1. Ia mencetak gol pada umur 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari di Liga 1 2021/2022.

Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Timor Leste pada Minggu (30/1) malam WIB di tempat yang sama, yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.