BolaSkor.com – Tidak ada lagi nama Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo dalam kategori peraih Ballon d’Or 2018. Dominasi dua megabintang yang selalu bersaing jadi yang terbaik selama 10 tahun terakhir diakhiri oleh gelandang Kroasia berusia 33 tahun, Luka Modric.

Modric terpilih jadi yang terbaik disusul Ronaldo, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Lionel Messi yang berada di lima besar. Maestro lini tengah itu kehabisan kata-kata untuk menggambarkan perasaannya usai terpilih memenangi Ballon d’Or 2018.

“Perasaan ini benar-benar tak bisa dipercaya. Sebuah kehormatan besar berada di sini di antara pemain-pemain tersebut (yang pernah memenangi Ballon d’Or). Saya masih berusaha menyadari bahwa saya telah menjadi bagian grup dari pemain-pemain yang sangat hebat untuk memenangi Ballon d’Or,” tutur Modric.

Baca Juga:

Akhiri Dominasi Ronaldo-Messi, Luka Modric Raih Ballon d’Or 2018

Luka Modric Tak Khawatir Gagal Menangi Ballon d'Or

Cristiano Ronaldo Bakal Absen pada Penganugerahan Ballon d'Or

“Dalam karier saya menyadari bahwa kerja keras dan kengototan di momen-moment sulit membentuk pondasi untuk menunjukkan talenta Anda,” lanjutnya.

“Saya kalimat yang saya ingin katakan ‘Hal-hal terbaik tidak pernah datang dengan mudah’. Bagi saya meraih semua ini, tidak ada yang mudah.”

Seperti yang sudah diduga sebelumnya, Ronaldo dan Messi juga absen menghadiri acara yang berlangsung di Grand Palais, Prancis, Selasa (4/12) dini hari WIB. Selain absennya kedua pemain itu, ada empat fakta menarik lainnya dari seremoni pemberian Ballon d’Or 2018, berikut penjelasannya:

1. Akhir Dominasi Duo Alien

Mungkinkah kesuksesan Modric meraih Ballon d’Or 2018 mengakhiri dominasi Messi-Ronaldo untuk selamanya? Tidak ada yang tahu. Messi dan Ronaldo masih ‘punya urusan’ yang harus diselesaikan di antara keduanya, karena saat ini perolehan Ballon d’Or keduanya sama kuat: lima Ballon d’Or.

Apalagi, keduanya masih aktif bermain saat ini. Ronaldo di usia 33 tahun masih punya rasa lapar yang kuat dengan Juventus, sementara Messi yang lebih muda dua tahun darinya juga sedang tampil bagus dengan Barcelona.

Jadi, raihan Ballon d’Or Modric memang mengakhiri dominasi mereka untuk saat ini, tapi belum tentu untuk tahun-tahun ke depannya. Satu hal pasti adalah: Modric jadi ‘manusia pertama’ setelah Kaka yang memenanginya pada 2007.