Ronaldo: Neymar dan Pemain Brasil Butuh Bantuan Psikologis

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 14 Desember 2022
Ronaldo: Neymar dan Pemain Brasil Butuh Bantuan Psikologis
Neymar (Twitter)

BolaSkor.com - Tidak pernah mudah menyandang status sebagai timnas atau negara peraih titel Piala Dunia terbanyak dan itu dirasakan timnas Brasil. Status itu memang membuktikan Brasil sebagai tim dengan sejarah besar sepak bola, tetapi juga memberi beban lebih.

Setiap kali Brasil bermain di turnamen besar baik itu Copa America atau Piala Dunia ekspektasi publik selalu sama: juara. Wajar karena status mereka dan juga fakta bahwa talenta sepak bola Brasil tidak pernah habis.

Secara tak langsung ekspektasi kepada pemain Brasil pun tinggi di setiap turnamen, tidak terkecuali di Piala Dunia 2022. Usai melalui fase grup dan hadangan Korea Selatan di fase gugur, langkah Brasil terhenti di perempat final oleh finalis Piala Dunia 2018, Kroasia.

Brasil tersingkir melalui drama adu penalti setelah di waktu normal berakhir imbang 1-1. Alhasil penantian titel Piala Dunia Brasil berlanjut sejak terakhir memenanginya pada 2002. Selepas laga bintang Brasil Neymar menilai secara psikologis ia hancur.

Baca Juga:

Argentina 3-0 Kroasia: Satu Langkah Lagi Lionel Messi Wujudkan Mimpi

6 Pemain Tidak Terduga yang Bisa Menentukan Hasil Argentina Vs Kroasia

Lupakan Persaingan, Ronaldo Dukung Lionel Messi Bawa Argentina Juara Piala Dunia

Menilik situasi skuad Brasil tersebut legenda Brasil, Ronaldo Nazario, menilai Neymar dkk butuh bantuan psikologis untuk mengatasi tekanan tersebut.

"Saya akan menyarankan memiliki dukungan psikologis untuk menahan tekanan ini, yang sangat tidak proporsional bagi manusia," kata Ronaldo seperti dilansir dari ESPN.

"Neymar akan kembali dengan semangat yang sama, dengan keinginan yang sama. Tapi saya ingin memperkuat kebutuhan ini untuk memantau kesehatan mental para pemain kami. Sangat penting bagi kami untuk mengatasi masalah ini, terutama terkait dengan Piala Dunia, di mana seluruh dunia melihat tim nasional. Dunia sedang melihat Neymar."

"Ketika saya melihat wawancara (Neymar) mengatakan bahwa dia hancur secara psikologis, itu menghancurkan hati saya karena saya juga hancur secara psikologis."

"Saya ingin menemukan cara untuk membantunya. Bantuan itu ada hari ini. Di zaman saya, bantuan itu jarang dibicarakan," urai Ronaldo.

Brasil pun berbenah setelah tersingkir di perempat final. CBF selaku Federasi Sepak Bola Brasil masih mencari pengganti Tite, pelatih yang mundur setelah enam tahun melatih Brasil. Nasib masa depan pemain senior seperti Thiago Silva dan Dani Alves pun masih jadi misteri.

Neymar Brasil Timnas Brasil Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan