BolaSkor.com - 16 tahun bukan waktu yang sebentar bagi penantian Brasil untuk menjuarai Piala Dunia. Meski pesta akbar sepak bola dunia hanya bertahun empat tahun sekali, sejak terakhir Brasil meraihnya di tahun 2002, mereka punya kesempatan meraihnya kembali di tahun 2006, 2010, dan 2014.

Bagi negeri yang kerap disebut surganya sepak bola karena tak pernah berhenti menghasilkan pemuda bertalenta, juga dengan raihan lima titel Piala Dunia, puasa gelar Piala Dunia selama sedekade lebih sudah mengindikasikan penurunan yang sangat parah.

Itulah kenapa, Ronaldo (bukan Cristiano Ronaldo pastinya), ikon Brasil, menegaskan bahwa sudah saatnya tahun ini Selecao mengakhiri penantian titel Piala Dunia. Ronaldo sudah dua kali memenangi Piala Dunia pada tahun 1994 dan 2002, di tahun 2002, dua golnya di final membantu Brasil memenangi laga atas Jerman.

"Saya pikir bagi saya favoritnya (juara) adalah, tentu saja, Brasil. Tidak hanya karena saya orang Brasil, tapi juga karena Brasil bermain dengan sangat baik. Spanyol juga bermain dengan baik dan Jerman selalu jadi tim yang tangguh," ucap Ronaldo, diberitakan Sky Sports, Rabu (13/6).

"Tapi, Piala Dunia merupakan turnamen yang sangat rumit, dan ada juga Argentina yang selalu tim kuat, Prancis dengan tim yang sangat muda. Namun, saya berharap Brasil bisa menjadi juara. Sudah lama sejak 2002 (Brasil tidak meraih titel Piala Dunia). Saya pikir sudah waktunya," sambungnya.

Dibanding empat tahun silam, kala Brasil dipermalukan 1-7 oleh Jerman di semifinal Piala Dunia, Brasil sudah jauh lebih kuat dan bersatu di bawah arahan Tite. Neymar semakin berkembang dan bertambah dewasa, sementara di sekitarnya, ada pemain-pemain berkualitas seperti: Paulinho, Gabriel Jesus, Willian, dan Philippe Coutinho.