Ruang Bicara Dibatasi, Pembalap F1 Kompak Boikot

Andhika PutraAndhika Putra - Sabtu, 18 Februari 2023
Ruang Bicara Dibatasi, Pembalap F1 Kompak Boikot

BolaSkor.com - Regulasi baru terkait pembatasan opini pribadi yang akan diberlakukan pada musim ini membuat para pembalap Formula 1 jengkel. Mereka akhirnya beramai-ramai menentang regulasi itu.

Perlu diketahui sebelumnya, FIA berencana menerapkan regulasi khusus untuk membatasi ruang berbicara para pembalap Formula 1 di musim 2023. FIA beralasan, regulasi ini dibuat agar para driver dapat lebih fokus menjalani balapan.

Nantinya dalam regulasi ini, pembalap Formula 1 tidak boleh lagi bebas mengungkapkan opini pribadi, politik, dan agama. Agar dapat mengekspresikan pandangannya, para pembalap ini harus mendapat persetujuan dari FIA terlebih dahulu.

Regulasi ini jelas menimbulkan penolakan dari banyak pembalap, satu diantaranya dari Lewis Hamilton. Pembalap yang kerap mendukung gerakan black live matter ini menentang keras regulasi tersebut.

“Namun tidak akan ada yang bisa menghentikan saya membicarakan banyak hal tentang sesuatu yang saya sukai. Juga mengenai isu yang ada,” ungkap pembalap Mercedes ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Valtteri Bottas. Pembalap Alfa Romeo Racing ini bahkan menganggap regulasi tersebut terkesan konyol.

“Saya tidak mengerti kenapa mereka mau mengontrol kami. Saya pikir seharusnya kita memiliki hak untuk berbicara apa yang kita inginkan,” ucap Bottas.

Penolakan juga datang dari pembalap Haas, Kevin Magnussen. Driver asal Denmark ini menilai regulasi tersebut telah melanggar hak asasi manusia dalam mengekspresikan pendapat.

“Saya berasal dari bagian dunia, saya lahir di negara di mana semua orang bebas mengekspresikan pandangan dan agama. Kita bebas mengutarakan pikiran. Saya pikir nilai ini sangat berharga dan saya ingin lihat juga di Formula 1,” tutupnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Formula 1 F1
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan