Rui Pinto, Sosok di Balik Hukuman Manchester City

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 15 Februari 2020
Rui Pinto, Sosok di Balik Hukuman Manchester City
Dukungan kepada Rui Pinto (twitter)

BolaSkor.com - Dunia sepak bola dikejutkan dengan kabar hukuman larangan tampil di kompetisi Eropa selama dua musim yang dijatuhkan UEFA kepada Manchester City. Meski masih harus melalui tahapan banding, keputusan UEFA ini merupakan batu pijakan besar dalam penegakkan aturan Financial Fair Play.

Semua ini tidak lepas dari aksi seorang bernama Rui Pinto. Pemuda asal Portugal itu menjadi sosok apa yang dikenal sebagai Football Leaks. Pada 2015, Pinto berhasil meretas dan mengakses 70 ribu dokumen dan 3,4 terabytes informasi soal kecurangan pajak dan pelanggaran lainnya oleh klub-klub besar.

Baca Juga:

Lawan Real Madrid, Pep Guardiola Punya Tuah Bagus Bermain di Santiago Bernabeu

Sukses di Barcelona dan Manchester City, Guardiola Cuma Pelatih Biasa yang Didukung Pemain Hebat

Terbukti Langgar Aturan FFP, UEFA Larang Man City Tampil di Kompetisi Eropa Selama 2 Musim Beruntun

Seperti dilansir Daily Mail, Pinto melakukan itu semua di rumahnya di Portugal. "Saya tahu apapun bisa terjadi. Saya tahu otoritas Portugal bisa menindak whistleblowers. Jadi saya sudah siap untuk itu," kata Pinto tentang risiko yang diharapinya.

Akibat ulahnya, Pinto harus mendekam dalam penjara. Pinto ditangkap pada Maret 2019 dan saat ini dia masih menunggu sidang atas 90 kasus peretasan berbeda, termasuk dugaan sabotase dan penipuan.

Meski demikian, dokumen yang dibocorkan Pinto melalui Football Leaks itulah berbagai kecurangan terungkap dan membuka mata UEFA. Semau itu setelah hasil peretasan Pinto dipublikasikan oleh media Jerman Der Spiegel pada 2018.

Berita tersebut jadi modal dasar melaksanakan investigasi atas keuangan the Citizens. Buntutnya, City dinyatakan melanggar aturan lisensi dan Financial Fair Play (FFP).

Manchester City UEFA Liga Champions
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.100

Bagikan