Rumit, Peluang Tottenham dan Liverpool Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 11 Desember 2018
Rumit, Peluang Tottenham dan Liverpool Lolos ke 16 Besar Liga Champions
Roberto Firmino (zimbio)

BolaSkor.com - Masih ada asa bagi duo Premier League, Liverpool dan Tottenham Hotspur untuk melaju ke babak 16 besar Liga Champions. Memang, gambarannya sedikit rumit.

Pada dasarnya, nasib Spurs dan Liverpool bisa sangat tergantung dari yang namanya gol tandang. BolaSkor.com akan menjelaskan bagaimana kedua klub ini bisa meraih tiket.

Setelah mengalahkan Inter Milan 1-0 di Wembley, armada Mauricio Pochettino naik ke peringkat kedua klasemen Grup B. Tottenham ada di atas Inter karena memiliki catatan head-to-head lebih bagus dari dua duel di antara mereka. Tottenham unggul dalam hal gol tandang.

Baca Juga:

Liverpool Vs Napoli: Menang Pun Belum Cukup

Jurgen Klopp Tak Pernah Meragukan Kemampuan Mohamed Salah

Mohamed Salah

Dari dua pertemuan, Spurs kalah 1-2 di San Siro dan menang 1-0 di Wembley. Spurs dan Inter sama-sama memiliki agregat 2-2, namun Spurs berhasil membuat gol di markas Inter.

Artinya, jika pada matchday 6 Liga Champions, kedua klub finis dengan nilai yang sama, Spurs yang berhak mendapatkan tempat di 16 besar.

Kesimpulannya, Harry Kane dkk akan lolos jika hasil laga melawan Barcelona paling tidak sama dengan hasil yang dicapai Inter kontra PSV.

Lalu bagaimana dengan Si Merah Liverpool? Situasi yang dihadapi armada Jurgen Klopp lebih njelimet.

Pada laga terakhir, Liverpool akan menjamu Napoli di Anfield. Kemenangan wajib hukumnya bagi Mohamed Salah cs. Kemenangan belum menjamin tiket 16 besar bagi Liverpool. Namun paling tidak menjaga peluang.

Liverpool akan lolos jika mereka mengalahkan Napoli dan pada laga lain Paris Saint-Germain (PSG) takluk di kandang Red Star. Dalam skenario ini, Liverpool dan Napoli akan melenggang ke 16 besar. Lewat cara ini, Liverpool dan Napoli akan sama-sama mengoleksi sembilan poin, sedangkan PSG delapan.

Masih dalam skenario ini, tim yang akan menjadi pemimpin klasemen ditentukan oleh hasil duel di Anfield. Ada dua cara Liverpool bisa finis di atas Napoli.

Pertama, Liverpool akan finis di atas Napoli jika mereka menang 1-0 di Anfield. Ini karena mereka unggul selisih gol dari Napoli. Simpel.

Cara kedua sedikit lebih rumit karena menyangkut hasil di laga PSG. Dalam hal ini jika Liverpool menang dan PSG bermain imbang dengan Red Star. Jika ini yang terjadi, Liverpool, Napoli, dan PSG akan sama-sama mengumpulkan sembilan poin.

Untuk menentukan posisi, yang dilihat adalah rekor pertemuan antar ketiga tim, tanpa menghitung hasil melawan Red Star. Dalam skenario ini, kemenangan atas Napoli di Anfield akan membawa Liverpool ke puncak klasemen dengan enam poin. Sedangkan Napoli dan PSG menyimpan lima poin. Lalu siapa yang akan menemani Liverpool? Itu tergantung hasil laga Napoli di Anfield.

Liga Champions Liverpool Tottenham Hotspur
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan