Rupanya Alan Budikusuma Tak Diunggulkan di Olimpiade 1992

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Sabtu, 22 Februari 2020
Rupanya Alan Budikusuma Tak Diunggulkan di Olimpiade 1992
Alan Budikusuma. (Zimbio)

BolaSkor.com - Mantan pebulu tangkis Indonesia, Alan Budikusuma, mengaku tidak diunggulkan memenangi medali Olimpiade 1992. Menurut Alan, saat itu justru rekannya, Ardy B Wiranata, yang menjadi unggulan.

Nama Alan Budikusuma sempat tidak diunggulkan menjelang Olimpiade 1992. Pasalnya, suami Susy Susanti tersebut menelan kekalahan pada Piala Thomas beberapa bulan sebelumnya.

Alan lolos ke Olimpiade 1992 bersama Ardy B Wiranata dan Hermawan Susanto. Indonesia yang lolos ke delapan besar dunia memang berhak mengirimkan tiga wakil kala itu.

Baca Juga:

Jalan Berliku Alan Budikusuma Menuju Olimpiade 1992

Gubernur Tokyo Anggap Ucapan Calon Wali Kota London Tak Pantas soal Jadi Tuan Rumah Pengganti Olimpiade 2020

Ketika ditanya kunci memenangi medali emas Olimpiade 1992, Alan menyebut bertanding tanpa beban. Alan mengaku sadar saat itu penampilannya memang tidak terlalu bagus.

"Secara bertanding dikarenakan saya tidak diunggulkan, tekanannya tentu berbeda. Semua pelatih saat itu berharapnya pada teman saya, Ardy. Tekanan lebih besar adanya di Ardy. Jadi saya, ya sudahlah, asal ikut saja, main tanpa beban," kenang Alan.

"Karena yang saya lihat juga perhatiannya agak berbeda. Ya nggak apa-apa, karena saya juga sadar saat itu penampilan saya sedang tidak bagus. Buat saya nggak apa-apa, karena kan jadi tidak terlalu ada tekanan."

"Itu kan kadang juga menjadi beban, dan untuk melepaskan hal itu rasanya tidak mudah. Apalagi Olimpiade, semuanya campur aduk, nggak bisa makan, nggak bisa tidur, banyak sekali yang muter-muter terus di kepala," tambahnya.

Breaking News Olimpiade Bulu Tangkis
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan