Rusia Resmi Absen dari Olimpiade Tokyo dan Musim Dingin Beijing

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Jumat, 18 Desember 2020
Rusia Resmi Absen dari Olimpiade Tokyo dan Musim Dingin Beijing
Atlet Rusia. (Zimbio)

BolaSkor.com - Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasionasl (CAS) mengumumkan Rusia absen dari Olimpiade Tokyo dan Olimpiade Musim Dingin Beijing. CAS menjatuhi Rusia hukuman akibat kasus doping.

Hukuman dari CAS sekaligus meringankan hukuman sebelumnya dari Badan Anti Doping Dunia (WADA) pada 2019. Saat itu WADA menghukum Rusia selama empat tahun.

Akan tetapi, setelah banding ke CAS, hukuman Rusia dikurangi menjadi dua tahun. Setidaknya hal tersebut membuat mereka masih bisa berlaga di Olimpiade 2024.

Baca Juga:

Ketimbang Atlet, Banyak yang Harus Diprioritaskan Vaksinasi Virus Corona

Menpora Bakal Vaksinasi Virus Corona ke Atlet dan Pelatih

Kabar mengenai skandal doping Rusia muncul kali pertama pada 2014. Saat itu, media Jerman, ARD, mempublikasikan laporan independen mengenai kasus doping di cabor atletik.

Hasilnya, Rusia langsung menjadi sorotan sejak Olimpiade 2016. Saat itu mereka sudah terancam tidak bisa mengikuti kompetisi di Rio de Janeiro, Brasil.

Beruntung, saat itu mereka masih bisa tampil pada Olimpiade 2016. Namun, atlet Rusia diperkenankan berkompetisi di bawah bendera netral saat itu.

Hingga kemudian pada Desember 2019, WADA menjatuhi hukuman selama empat tahun. Beruntung, Badan Anti Doping Rusia memiliki bukti sehingga banding di CAS membuat mereka mendapat potongan masa hukuman.

Breaking News Olimpiade Olimpiade 2020 Olimpiade Tokyo 2020 Rusia Doping
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan