BolaSkor.com - Ryan Giggs mengaku gaya melatihnya banyak dipengaruhi dari sosok Louis Van Gaal. Hal ini cukup mengherankan karena ia lebih lama bekerja sama dengan Sir Alex Ferguson.

Mantan pemain Manchester United itu bermain dibawah asuhan Ferguson selama 23 tahun. Keduanya berhasil mempersembahkan berbagai gelar bergengsi termasuk 13 trofi Premier League dan dua gelar Liga Champions.

Sementara kebersamaan dengan Van Gaal hanya berjalan dalam waktu singkat. Giggs menjadi asisten pelatih asal Belanda itu selama dua musim dari 2014 hingga 2016.

Dari data tersebut, harusnya Giggs lebih banyak mengambil ilmu dari gaya melatih Ferguson. Namun ia punya alasan lebih belajar banyak dari Van Gaal.

Baca Juga:

Cara Main Liverpool Ingin Dicontoh Timnas Wales

Empat Pemain Manchester United yang Kebal Hairdryer Treatment Sir Alex Ferguson

Ryan Giggs Menjadi One Man Club di Manchester United Gara-gara David Beckham

"Saya selalu mengingat Louis (Van Gaal) atas karier kepelatihan saya karena menggelar rapat selama dua tahun bersamanya. Saya selalu bicara baik soal dia karena itu adalah kesempatan pertama saya menjadi pelatih," kata Giggs di Podcast resmi Manchester United.

Giggs merasa mendapat banyak ilmu tentang kepelatihan saat menjadi asisten Van Gaal. Sementara bersama Ferguson, ia tak mendapatkan pengalaman tersebut karena masih berperan sebagai pemain.

“Anda tidak tahu apa yang dilihat manajer di video. Pemain mendapat tujuh atau delapan menit menonton lawan, tetapi staf pelatih menonton berjam-jam," tambahnya.

"Dengan Louis, jelas saya telah melihat secara langsung sistem yang berbeda, dan berbagai alasannya. Ini adalah pengalaman yang sangat bagus."

Dua tahun setelah Van Gaal dipecat Manchester United, Giggs mulai meniti karier sebagai pelatih kepala. Ia ditunjuk menangani Timnas Wales pada Januari 2018.

Meski termasuk minim pengalaman, kinerja Giggs tak bisa diremehkan. Ia berhasil membawa Wales lolos ke Piala Eropa 2020.