Ryan Leonard Lalisang, Andalan Bowling Indonesia yang Tak Tergantikan

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 17 Mei 2022
Ryan Leonard Lalisang, Andalan Bowling Indonesia yang Tak Tergantikan
Ryan Leonard Lalisang. (NOC Indonesia/MP Media/Louis Figo)

BolaSkor.com - Kontingen bowling Indonesia sukses meraih satu medali emas SEA Games 2021 dari nomor ganda putra. Torehan ini dipersembahkan oleh pasangan Ryan Leonard Lalisang dan Hardy Rachmadian.

Nama Ryan Lalisang tentu mendapat sorotan lebih. Itu tak lepas dari statusnya sebagai andalan bowling Indonesia selama hampir dua dekade terakhir.

Debut Ryan di ajang SEA Games terjadi pada edisi 2005. Ia menandainya dengan raihan satu emas dan satu perunggu.

Sejak saat itu, nama Ryan tak pernah hilang dari kontingen bowling Indonesia di ajang internasional. Ia juga sempat meraih sejumlah prestasi bergengsi seperti medali emas Asian Games 2006 hingga peringkat kedua Kejuaraan Dunia 2019.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Kunci Pasangan Ryan Lalisang dan Hardy Rachmadian Raih Medali Emas

SEA Games 2021: Strike, Bowling Tuai Emas Perdana

Pada SEA Games 2021, nama Ryan masih terdaftar dalam kontingen bowling Indonesia. Selain medali emas dari nomor ganda, ia lebih dulu mengamankan perunggu di sektor tunggal.

Tampilnya Ryan yang sudah berusia 41 tahun di ajang SEA Games 2021 tentu menimbulkan tanda tanya besar. Persatuan Bowling Indonesia (PBI) seolah kesulitan melakukam regenerasi pemain.

Ketua Umum PBI, Jerry Sambuaga tak menampik fakta tersebut. Namun ia menganggap kontribusi Ryan memang masih sangat dibutuhkan.

"Tentu Ryan Lalisang atlet senior yang sudah beberapa kali mengikuti kejuaraan dunia dan menjuarai turnamen bergengsi lain. Kita berharap Ryan memberikan motivasi kepada atlet yang lebih junior," kata Jerry Sambuaga.

"Perannya juga sangat penting bagi cabor bowling sendiri agar semakin dilihat sebagai cabang yang diunggulkan."

Meski begitu, Jerry sadar tidak bisa mengandalkan Ryan terus-menerus. Jajaran pengurus PBI mulai berbenah untuk mencari bibit-bibit atlet dari berbagai daerah.

"Saya selaku ketua umum fokus meningkatkan pembinaan dan fasilitas bowling di daerah. Kami percaya dengan adanya perekrutan dan fasilitas akan meningkatkan prestasi boling itu sendiri," tambahnya.

"Mudah-mudahan kami bisa fokus menjaring talenta baru dan menarik minat masyrakat kepada bowling."

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam

Bowling SEA Games 2021 Tim Indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan