BolaSkor.com - Mino Raiola sering menjadi musuh dalam selimut klub-klub elite Eropa. Sang super agen kerap membuat klub berada dalam posisi tersudut. Namun, di balik itu semua, sulit menepis penilaian jika Raiola adalah agen yang hebat.

Mino Raiola membangun kerajaan agennya sejak lama. Saat ini, ia menangani pemain-pemain papan atas seperti Matthijs de Ligt, Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, Mario Balotelli, Gianluigi Donnarumma, dan Erling Haaland.

Dalam mengurus kliennya, Raiola sering kali bertentangan dengan pihak klub. Selain ceriwis di depan media, Raiola juga membuat klub berada di pilihan yang sulit. Tak jarang ia juga berusaha meraup komisi besar dari kesepakatan.

Hal tersebut bisa dilihat dari negosiasi perpanjangan kontrak Gianluigi Donnarumma dengan AC Milan. Raiola membuat Milan tersudut karena kontrak sang klien akan berakhir pada musim ini. Raiola tidak akan mengalah hingga Milan memberikan gaji sesuai yang diinginkan.

Baca Juga:

Bayern Munchen Tak Tergoda Pesona Erling Haaland

Barcelona lalu ke Real Madrid, Mino Raiola Sibuk 'Jual' Haaland

Solskjaer Ceritakan Awal Karier Erling Haaland yang Tak Terduga

Erling Haaland

Namun, itu semua adalah bukti dari kemampuan kelas wahid yang dimiliki Raiola. Ia jarang kalah di meja negosiasi.

Contoh terbaru bisa dilihat dari isu transfer Erling Haaland. Raiola melakukan safari negosiasi ke berbagai klub untuk menjual kliennya.

Pertama, Raiola mengunjungi Barcelona. Ia datang bersama ayah Haaland, Alf-Inge Haaland, untuk mendengarkan tawaran Barcelona.

Beberapa jam berselang, Raiola bersua dengan Real Madrid dengan tujuan serupa. Raiola ingin mengetahui tawaran dari El Real.

Tindakan tersebut menjadi bukti jika Raiola bukan agen kacangan. Ia membuat perang penawaran untuk kliennya. Bahkan, lebih cerdiknya lagi, Raiola akan mengunjungi Inggris untuk bertemu berbagai klub pada pekan depan.

Dengan pertemuan yang tidak dilakukan secara rahasia, para peminat Haaland jadi sadar memiliki banyak pesaing. Sehingga, perang penawaran berpeluang besar terjadi.

Dengan begitu, Haaland juga mendapatkan kans lebih tinggi untuk menerima tawaran terbaik dari sisi gaji dan kontrak. Kabarnya, Real Madrid siap menyodorkan kontrak berdurasi lima tahun untuk pemain asal Norwegia itu.

Mino Raiola sadar jika musim panas ini adalah waktu terbaik menjual Haalan dengan harga tinggi. Sebab, pada musim panas 2022, klausul pelepasan Haaland senilai 75 juta euro akan aktif.

Mino Raiola juga sudah menghubungi Borussia Dortmund soal rencananya. Kabarnya, Dortmund tidak akan melepas Haaland di bawah 150 juta euro.

"Ya, kemarin saya berbicara dengan Raiola. Kami sama-sama mengemukakan rencana dengan sangat jelas," terang direkur olahraga Dortmund, Michael Zorc.

Tak bisa dimungkiri, taktik Raiola untuk melakukan safari jualan Haaland merupakan strategi jitu untuk mengatrol harga sang pemain. Sang agen tidak hanya tahu bagaimana mencari klien potensial, tetapi ia juga paham betul bagaimana cara menjualnya.