Saga Transfer De Ligt, Penilik Klausul Pembelian 128 Juta Poundsterling

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 26 September 2021
Saga Transfer De Ligt, Penilik Klausul Pembelian 128 Juta Poundsterling
Matthijs de Ligt (Twitter)

BolaSkor.com - Bek bertalenta asal Belanda Matthijs de Ligt sudah memasuki tahun keduanya membela Juventus. Dalam kurun waktu tersebut pemain berusia 22 tahun mendapatkan sorotan tajam.

Pasalnya, De Ligt dinilai tak berkembang meski memiliki dua bek senior yang dapat membimbingnya, yaitu Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci. Dalam situasi tersebut rumor transfer mantan bek Ajax Amsterdam pun muncul.

Saga transfer Matthijs de Ligt dapat terjadi pada bursa transfer musim panas 2022. Lambatnya perkembangan De Ligt dengan Juventus cukup disayangkan, mengingat perbincangan besar mengenainya kala membela Ajax.

De Ligt sudah digadang-gadang sebagai salah satu bek termuda dengan talenta besar pasca promosi dari akademi Ajax. Di usia muda ia sudah jadi kapten Ajax dan membawa klub ke semifinal Liga Champions.

Baca Juga:

Spezia 2-3 Juventus: Bianconeri Akhirnya Menang

Celah Menganga di Balik Kemenangan Perdana Juventus

Di Lima Liga Top Eropa, Juventus Miliki Catatan Pertahanan Terburuk

Matthijs de Ligt

Bahkan De Ligt sudah punya 100 caps dengan timnas Belanda sebelum usianya genap berusia 20 tahun. Itulah alasan Juventus merekrutnya pada 2019 dari Ajax Amsterdam sebesar 67,5 juta poundsterling.

Dalam perjalanannya ke Juventus, De Ligt menolak kans gabung Manchester United (yang akhirnya merekrut Harry Maguire). De Ligt memilih ke Juventus karena bujukan Cristiano Ronaldo yang masih membela klub Turin itu.

“Tentu saja, saya punya banyak waktu untuk memilih antara klub yang bisa saya ikuti dan, ketika saya meletakkan semuanya di atas kertas, Juventus adalah pilihan terbaik bagi saya,” papar De Ligt kepada Foot Truck pada April 2020.

“Ronaldo memang berbicara kepada saya dan jelas itu adalah suatu kehormatan besar. Juventus mengatakan kepada saya 'Alasan kami ingin membeli Anda adalah karena Anda sudah dewasa dan Anda tahu bagaimana menangani tekanan'."

“Mereka juga mengatakan kepada saya bahwa sulit bagi seorang anak berusia 19 tahun untuk pergi ke negara lain, tetapi ‘Kami memiliki kepercayaan pada Anda dan Anda akan segera menemukan tempat Anda'.”

Klausul Pembelian dan Klub Peminat

Akumulasi dari proses adaptasi, cedera, inkonsistensi performa karena tidak tampil reguler, serta pergantian pelatih dari Maurizio Sarri, Andrea Pirlo, hingga Massimiliano Allegri menjadi faktor kesulitan De Ligt tampil optimal di Juventus.

Isu transfer De Ligt muncul dengan kabar ketertarikan dari Chelsea yang mengantisipasi jika Antonio Rudiger hengkang. De Ligt jadi salah satu opsi selain Jule Kounde bagi The Blues.

Lantas, berapa uang yang harus dikeluarkan klub peminat untuk merekrutnya? De Ligt punya kontrak berdurasi lima tahun kala gabung pada 2019. Dalam kontraknya itu ada klausul pembelian sebesar 128 juta poundsterling.

Klub-klub peminat bisa menebusnya jika tak ingin ribet melakukan negosiasi, tapi mereka juga bisa bernegosiasi kepada Juventus untuk harga yang lebih murah. Patut diingat, agen De Ligt adalah Mino Raiola.

“Harap perhatiannya, karena De Ligt bisa meninggalkan Juve di akhir musim. Begitulah pasar bekerja, ada banyak klub yang tertarik untuk mengontraknya," kata Raiola.

Breaking News Juventus Matthijs de Ligt Isu Transfer Bursa transfer
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan