Sah, Piala Presiden 2022 Dihadiri 75 Persen Penonton dari Kapasitas Stadion

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 07 Juni 2022
Sah, Piala Presiden 2022 Dihadiri 75 Persen Penonton dari Kapasitas Stadion
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama Ketum PSSI Mochamad Iriawan. (Kemenpora)

BolaSkor.com - Piala Presiden 2022 resmi boleh dihadiri penonton secara langsung di stadion. Kapasitasnya 75 persen dari kapasitas stadion.

Hal ini diputuskan usai Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Piala Presiden 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (7/6).

Dalam rakor tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali memimpin rapat. Hadir pula Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sekaligus Organizing Committee Piala Presiden 2022, Akhmad Hadian Lukita, dan Direktur Operasional PT LIB sekaligus Organizing Committee Piala Presiden 2022, Sudjarno.

Lalu perwakilan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, perwakilan Polri, dan Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB.

Baca Juga:

Piala Presiden 2022 Dibuka di Solo, Berikut Jadwal Lengkapnya

Piala Presiden 2022 Resmi Di-launching, Hadiah Berpotensi Dinaikkan

Menpora Zainudin Amali mengatakan, keputusan kuota 75 persen penonton di Piala Presiden 2022, lahir dari pengalaman PSSI dan PT LIB dalam menyelenggarakan pertandingan di tengah pandemi COVID-19.

Ada Liga 1 2021/2022 yang menguji coba kehadiran penonton dan berjalan lancar. Terakhir pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Bangladesh juga berjalan aman dihadiri penonton komersil antara 6-9 ribu.

"Kami mendiskusikan tentang persiapan untuk gelaran turnamen Pramusim Piala Presiden yang akan segera dimulai. Dan apa yang menjadi poin kami tadi adalah kehadiran penonton di lapangan," kata Menpora Zainudin Amali.

"Alhamdulillah karena kedisiplinan dari semua pihak, PSSI sangat ketat protokol kesehatannya, penyelenggara LIB juga sangat ketat. Kemudian bantuan dari berbagai stakeholders mulai dari Kepolisian, TNI, BNPB, Tenaga Kesehatan serta Dinas Kesehatan di tempat-tempat penyelenggaraan kegiatan. Semua terlaksana dengan baik dan tidak ada satupun yang awalnya dikhawatirkan publik nanti akan menjadi kluster (COVID-19). Alhamdulillah tidak ada."

"Mudah-mudahan ini akan sukses dan ini sekaligus menjadi ajang untuk menyambut bergulirnya kompetisi musim 2022 2023," jelasnya.

Piala Presiden 2022
Rakor Piala Presiden 2022. (Kemenpora)

Sementara itu, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, mengucapkan syukur dengan keputusan ini. Menurutnya, ini menjadi tonggak kembalinya sepak bola Indonesia dengan penonton usai pandemi COVID-19.

"Ini keputusan strategis yang ditunggu publik sepak bola. Saya yakin suporter akan bahagia dan gembira dengan keputusan ini," ucap Iriawan.

"Tadi Pak Menpora mengkoordinasikan rapat ini untuk diputuskan persentasenya berapa di stadion. Alhamdulillah sudah diputuskan dalam hasil rapat ini oleh Pak Menpora dan sepakat dari teman-teman (stakeholders) yang terkait 75 persen kapasitas yang akan dipakai penonton di setiap stadion," tambahnya.

Nantinya penonton akan membeli tiket secara online. Adapun persyaratan penonton yang dapat membeli tiket, yakni sudah dilakukan vaksin dua kali dan dilengkapi aplikasi PeduliLindungi. Dokter tersebut nantinya barcode dan hanya boleh digunakan sekali.

"Suporter yang nanti akan mendukung tim kesayangan hanya yang punya tiket yang masuk stadion, sisanya mungkin silakan nonton di rumah seperti dulu masih suasana COVID-19 masih tinggi, yakni Piala Menpora, bisa juga kok," kata Iriawan.

PT LIB PT Liga Indonesia Baru Akhmad Hadian Lukita Sudjarno Piala Presiden Piala Presiden 2022 Mochamad Iriawan Liga 1 Pssi Menpora Zainudin Amali Zainudin Amali Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan