BolaSkor.com – Usai meraih kemenangan 1-0 atas timnas Singapura, timnas Filipina, akan melawan tim yang sudah kalah dua kali beruntun, Timor Leste, di laga ketiga grup B Piala AFF 2018, Sabtu (17/11) pukul 19.00 WIB. Filipina coba melanjutkan momentum kemenangan mereka.

Di atas kertas, The Azkals – julukan Filipina – unggul segalanya dari Timor Leste yang sudah kebobolan 10 gol dari dua pertandingan melawan Thailand (0-7) dan Indonesia (1-3). Kendati demikian, Sven-Goran Eriksson, pelatih Filipina, enggan meremehkan Timor asuhan Norio Tsukitate.

Satu gol yang dicetak Rufino Walter Gama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi alasan bagi Eriksson untuk mewaspadai Timor Leste. Apalagi, Timor Leste juga sempat bermain bagus mengimbangi Hansamu Yama Pranata dkk di GBK.

“Mereka (Timor Leste) menjalani start yang sangat teramat sulit di turnamen. Tapi di laga kedua mereka melawan Indonesia, mereka tampil baik dan mencetak gol pertama. Jadi, kami harus fokus,” tegas Eriksson di sesi konferensi pers jelang laga, diberitakan laman resmi Piala AFF.

“Laga nanti sangat penting bagi kami. Kami memulai dengan baik di turnamen, hasil yang bagus, dan tiga poin. Kami harus bermain dengan sangat baik (kontra Timor Leste),” sambung pelatih asal Swedia itu.

Tidak hanya meminta konsentrasi penuh dari Phil Younghusband dan kawan-kawan, mantan pelatih timnas Inggris dan Lazio itu juga menginginkan anak asuhnya untuk memiliki mentalitas yang kuat. Artinya, saat melawan Timor Leste, Eriksson tak mau Filipina menganggap remeh lawan.

“Tentu saja, saya harap kami memainkan laga yang bagus. Memainkan sepak bola bagus (ofensif dan menghibur), bertahan baik dan memenangi laga. Saya harap demikian, tapi Anda tak bisa melakukannya begitu saja,” tambah Eriksson.

“Jika Anda tidak tampil bagus, tidak bertarung, jika Anda punya mentalitas yang salah maka Anda tidak akan meraih kemenangan,” pungkas pelatih berusia 70 tahun itu.

Sementara bagi Tsukitate, ia tidak muluk-muluk memberikan target kepada Timor Leste. Terpenting adalah skuat mudanya mendapatkan pengalaman melawan tim-tim besar di Piala AFF 2018.

“Kami memainkan dua laga dengan baik melawan Thailand dan Indonesia. Para pemain kami masih sangat muda, tapi sudah punya pengalaman yang bagus. Kami masih punya dua laga lagi. Tapi, kami tidak pernah menyerah untuk fase gugur. Tidak ada yang tahu hasilnya. Kami harus fokus,” tambah Tsukitate.