Sam Allardyce: Saya Sebagus Pep Guardiola, Jurgen Klopp, dan Mikel Arteta

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 04 Mei 2023
Sam Allardyce: Saya Sebagus Pep Guardiola, Jurgen Klopp, dan Mikel Arteta
Sam Allardyce, pelatih baru Leeds United (Twitter)

BolaSkor.com - Karier Javi Gracia sebagai pelatih Leeds United hanya bertahan tiga bulan. Leeds memutuskan mendepaknya dan menggantinya dengan peramu taktik yang terakhir melatih klub pada 2021, Sam Allardyce.

Namanya sudah tidak asing lagi di sepak bola Inggris dan pria asal Inggris berusia 68 tahun terakhir melatih West Bromwich Albion pada 2021. Pria yang kerap dipanggil Big Sam itu punya empat laga untuk menyelamatkan Leeds dari degradasi.

Saat ini Leeds ada di urutan 17 klasemen dengan 30 poin, perolehan poin yang sama juga dimiliki Nottingham Forest di peringkat 18 dan di bawah mereka ada Everton serta Southampton.

Pada empat laga terakhirnya Leeds akan memainkan laga-laga yang tidak mudah melawan Manchester City (06/05), Newcastle United (13/05), West Ham United (21/05), dan Tottenham Hotspur (28/05).

Baca juga:

Erling Haaland Ukir Rekor Berusia 92 Tahun, Winston Churchill Bahkan Belum Jadi PM Ingggris

Hasil Pertandingan: Manchester City Kembali ke Puncak, Inter Milan Pesta Gol

Hasil dan Klasemen Premier League: Man City ke Puncak, Liverpool Tekuk Tottenham

"Itu mungkin hanya tantangan terbesar (dalam karier saya) karena sedikitnya pertandingan yang tersisa," tutur Allardyce di sesi konferensi pers sebagai pelatih Leeds, dikutip dari Sky Sports.

"Jangan pernah mengatakan tidak pernah. Itu tergantung apa yang terjadi di akhir empat pertandingan dan apa isi pembicaraannya, bagaimana perasaan saya dan yang lebih penting bagaimana perasaan istri saya."

Allardyce juga menjelaskan alasan menerima proposal untuk melatih Leeds saat ini, pada momen ketika musim akan segera berakhir dan tidak ada banyak waktu baginya menerapkan sistem bermain untuk dimainkan tim.

"Itu mengejutkan karena musim ini dan ada banyak manajer yang berpindah tangan (keluar dan masuk), paling banyak dalam sejarah Premier League, saya pikir semuanya sudah berakhir untuk musim ini," terang Allardyce.

"Hanya beberapa menit sebelum saya mengatakan ya. Karena situasinya, saya harus buru-buru melalui prosesnya dengan cepat sehingga saya bisa berada di sini setidaknya untuk memimpin laga Manchester City."

"Saya mendapat banyak tanggapan dari banyak orang yang mengucapkan selamat. Beberapa mengatakan saya pasti gila tapi saya sangat menikmati permainan ini."

"Untuk mencoba dan menyelamatkan klub ini dan mempertahankannya di Premier League adalah tanggung jawab besar tetapi saya ingin mengambilnya karena status Leeds."

Terakhir, yang menarik mantan pelatih timnas Inggris serta Newcastle itu menilai dirinya memiliki level yang sama dengan pelatih top Premier League seperti Pep Guardiola, Jurgen Klopp, dan Mikel Arteta.

"Saya mungkin berusia 68 tahun dan terlihat tua dan kuno tetapi tidak ada orang di depan saya dalam hal sepak bola. Bukan Pep, bukan Klopp, bukan Arteta. Semuanya ada bersama saya," yakin Allardyce.

"Mereka melakukan apa yang mereka lakukan dan saya melakukan apa yang saya lakukan. Dalam hal pengetahuan, saya tidak mengatakan saya lebih baik dari mereka tapi saya pasti sebaik mereka," urainya.

Sam allardyce Leeds United Premier League Pep Guardiola Jurgen Klopp Mikel Arteta
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan