Samai Rekor Berusia Sembilan Tahun Busquets, De Jong Jadi Bos Lini Tengah Kontra Juventus

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 12 April 2019
Samai Rekor Berusia Sembilan Tahun Busquets, De Jong Jadi Bos Lini Tengah Kontra Juventus
Frenkie de Jong kontra Juventus (Twitter)

BolaSkor.com - Juventus gagal meraih kemenangan kala menyambangi Johan Cruyff Arena, markas Ajax Amsterdam, pada leg satu perempat final Liga Champions. Kedudukan berakhir imbang 1-1. Gelandang Ajax, Frenkie de Jong, tampil hebat di laga tersebut.

De Jong, 21 tahun, memperlihatkan alasan mengapa Barcelona rela merogoh kocek hingga 86 juta euro untuk merekrutnya dari Ajax. Gelandang berpaspor Belanda itu menjadi bos lini tengah Ajax melawan trio gelandang Juventus: Blaise Matuidi, Miralem Pjanic, dan Rodrigo Bentancur.

Keberhasilan Ajax mendominasi penguasaan bola 61 berbanding 39 persen tidak lepas dari peran De Jong di lini tengah. De Jong menjadi metronom permainan Ajax dari kedalaman (area bertahan Ajax), lini tengah permainan, hingga di sepertiga pertahanan Juventus.

Baca Juga:

Frenkie de Jong, Penerus Tradisi dan Pemain Belanda ke-20 yang Memperkuat Barcelona

Ajax 1-1 Juventus: Gol Tandang Berharga dari Cristiano Ronaldo

Cetak Gol ke-125, Cristiano Ronaldo Jaga Standar Tertinggi di Liga Champions

Frenkie de Jong vs Rodrigo Bentancur

Massimiliano Allegri, pelatih Juventus, sampai dibuat kagum dengan penampilan De Jong yang menurutnya sulit dihentikan. Bahkan Allegri mengakui telah menyiapkan rencana khusus untuk menghentikan De Jong, dengan memberi instruksi khusus kepada Bentancur - dan rencananya tidak berjalan sesuai kehendaknya.

"De Jong sumber utama kekuatan dari permainan mereka (Ajax). Kami coba mengontrolnya dengan (Rodrigo) Bentancur di tahapan awal, tapi ketika dia memahaminya, dia bergerak lebih dalam, dan penyerang-penyerang harus bekerja keras melaluinya. Dia bermain dengan sangat baik," tutur Allegri, dikutip dari Dailymail.

De Jong menorehkan rekor yang pernah dicatatkan gelandang Barcelona, Sergio Busquets, kala melawan Inter Milan pada tahun 2010. Busquets, yang menjadi rekan setim De Jong musim depan, terlibat dalam 117 pergerakan.

Sergio Busquets

Catatan itu menyamai rekor Busquets di tahun 2010. Melalui data yang ditambahkan oleh Marca, De Jong melakukan 98 operan, 90 di antaranya sukses mencapai target, dan 54 operan terjadi di pertahanan lawan. Persentase kesuksesannya mencapai 90 persen.

Statistik itu sangat Barcelona sekali. Blaugrana bisa jadi menemukan Xavi Hernandez baru dalam diri Frenkie de Jong. Bahkan, produk akademi Ajax juga memiliki kemampuan tambahan dalam bertahan melalui 17 kali merebut bola saat melawan Juve dan melakukan satu pelanggaran.

Tidak banyak yang mengapresiasi kualitas De Jong dalam perannya sebagai pengatur tempo bermain di lini tengah. De Jong tidak sering mencetak gol layaknya Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi, tapi tanpanya, lini tengah Ajax dan timnas Belanda tidak akan sebagus sekarang ini.

Breaking News Barcelona Ajax Ajax amsterdam Juventus Liga Champions Frenkie de Jong Massimiliano Allegri
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.171

Bagikan