BolaSkor.com - Ketua National Olympic Committee (NOC), Raja Sapta Oktohari, mengungkapkan jika SEA Games 2021 Vietnam tidak hanya dijadikan sebagai ajang meraih medali. Namun, NOC juga bekerja untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan olahraga Indonesia.

Raja Sapta Oktohari atau yang akrab disapa Okto menyambut kepulangan rombongan besar atlet Indonesia yang berlaga pada SEA Games 2021. Okto hadir langsung di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (21/5) pagi.

Okto percaya diri Tim Indonesia akan mencapai arahan Presiden Joko Widodo untuk menembus tiga besar. Hingga Sabtu (21/5) pagi, Indonesia bercokol pada posisi ketiga dengan capaian 50 emas, 71 perak, dan 63 perunggu.

Baca Juga:

Jadwal Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 pada Sabtu (21/5)

SEA Games 2021: Sekeping Emas dari Lapangan Tenis

"Kalau tidak meleset, dengan beberapa hari ke depan, Indonesia bisa mencapai peringkat ketiga di dalam SEA Games ke-31," ujar Okto ketika ditemui awak media.

Okto menegaskan jika hasil SEA Games akan dijadikan tolok ukur dalam langkah selanjutnya. "Hasil review akan kita jadikan rujukan sehingga bisa menjadi rekomendasi dalam proses pembinaan prestasi selanjutnya," timpalnya.

Pada kesempatan yang sama, Okto juga mengungkapkan jika NOC berupaya mencapai kerja sama dengan sejumlah federasi olahraga negara lain atau internasional. Dengan begitu, Indonesia bisa semakin bertaji. Ia turun langsung untuk mengawal proses tersebut.

Ketua National Olympic Committee (NOC), Raja Sapta Oktohari, menyambut kepulangan atlet Indonesia (BolaSkor/Johan Kristiandi)

"Setelah ini, pekerjaan rumah masih banyak. Kami memaksimalkan SEA Games untuk berkomunikasi dengan nasional federasi yang lain. Hasilnya, kita mendapatkan banyak peluang untuk melakukan uji coba ataupun kerja sama dengan internasional federasi," jelasnya.

"Mudah-mudahan, ini bisa menjadi kiat-kiat untuk kita meningkatkan prestasi sekaligus mendorong orang-orang Indonesia duduk di organisasi internasional. Itu sebagai representatif Indonesia."

Belakangan ini, NOC memang mendorong anggotanya untuk menjadi pengurus federasi internasional. Satu di antaranya adalah bendahara umum NOC, Tommy Hermawan Lo, yang masuk dalam jajaran dewan Federasi Esports Internasional (IESF).