Sambut Pencabutan Sanksi untuk Bobotoh, Herru Joko Punya Pesan Penting

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 02 Maret 2019
Sambut Pencabutan Sanksi untuk Bobotoh, Herru Joko Punya Pesan Penting
Skuat Persib menyapa bobotoh. (Instagram Persib)

BolaSkor.com - Ketua Umum Viking Persib Club (VPC), Herru Joko menyambut baik keputusan PSSI yang mencabut hukuman kepada Bobotoh Persib. Keputusan PSSI tertuang dalam surat tentang implementasi keputusan Komisi Banding PSSI No. 09/KEP/KB/LIGA-1/XI/2018.

Dalam surat itu tertulis, segala larangan yang sempat dijatuhkan kepada Bobotoh tidak akan berlaku di kompetisi Liga 1 2019 mendatang. "Menyatakan bahwa keputusan Komisi Banding no.09/KEP/KB/LIGA-1/XI/2019: tentang hukuman terhadap supporter Persib Bandung, Tidak dapat dilaksanakan," tulis surat tersebut.

Sebelumnya, Bobotoh dihukum tidak boleh masuk stadion saat laga kandang di luar Pulau Jawa sampai akhir musim kompetisi 2018. Selain itu, Persib juga tak dapat menggelar pertandingan kandang sampai setengah musim 2019.

Sanksi yang diberikan tersebut setelah ada oknum Bobotoh yang mengeroyok pendukung Persija Jakarta, Haringga Sirila sampai meninggal dunia. Kejadian tersebut terjadi sesaat sebelum partai Persib kontra Persija digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

Kisah dari Piala Presiden 2019: Pak Ewok, Syekh Puji-nya Persib Bandung yang Setia

Antusiasme Bobotoh Persib Jelang Piala Presiden 2019 di Tol Cipularang Km 88

Keluarnya surat keputusan (SK) tersebut membuat Bobotoh bisa menyaksikan pertandingan Persib musim ini. Ini setelah mereka melaksanakan pertemuan dengan komite eksekutif (Exco) PSSI.

"Alhamdulillah karena identitas penting buat kita. Seperti baju, aksesoris, itu kan jiwa bukan sekadar baju. Alhamdulillah dan patut disyukuri," ucap Herru, Sabtu (2/3).

Herru Joko berharap pencabutan sanksi itu tak lantas membuat Bobotoh jemawa hingga kembali melakukan kesalahan. Sebaliknya sanksi yang sebelumnya dijatuhkan dijadikan cerminan untuk menjadi lebih baik.

"Dari kejadian itu masyarakat dan Bobotoh semua harus paham bahwa kita harus meninggalkan yang tidak bagus yang membuat kita didenda lagi," katanya.

Herru Joko semakin senang lantaran saat ini kampanye anti rasis sudah mulai digalakkan. Tak hanya oleh suporter namun juga dibantu oleh para pesepak bola seperti halnya Kapten Arema FC, Hamka Hamzah.

"Bobotoh juga harus malu sama pemain Persib. Kemarin permintaan maafnya lewat video bagus, itu penting karena sepak bola adalah pemersatu yang lebih baik dan lebih intens dengan gerakan-gerakan lagi," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Bobotoh Persib Bandung Liga 1 Pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan