Sandy Walsh dan Jordi Amat Harus Lalui Tiga Tahap Ini Sebelum Bisa Membela Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 30 Agustus 2022
Sandy Walsh dan Jordi Amat Harus Lalui Tiga Tahap Ini Sebelum Bisa Membela Timnas Indonesia
Sandy Walsh dan Jordi Amat. (Instagram.com/hasaniabdulgani)

BolaSkor.com - Dua pemain keturunan Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah mendapat persetujuan Kondisi III DPR Republik Indonesia terkait proses naturalisasi.

Kepastian ini didapat usai Komisi III DPR melalukan rapat kerja bersama Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali dan PSSI, Senin (29/8) sore WIB.

“Kita telah mendengarkan bersama penjelasan mitra kita, kali ini kita tawarkan sekali lagi, apakah Komisi III DPR dapat menyetujui pemberian WNI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk selanjutnya melalui proses perundang-undangan, setuju?” kata pimpinan rapat sekaligus Ketua Komisi III DPR, Bambang Wuryanto di ruang rapat Komisi III DPR, Senin (29/8).

“Setuju !!!,” jawab seluruh anggota Komisi III DPR yang ditutup ‘ketuk palu’ pimpinan rapat, Bambang Wuryanto.

Baca Juga:

Tanggapan Sandy Walsh dan Jordi Amat setelah Komisi III DPR Setuju Keduanya Dinaturalisasi

Sah, Komisi III DPR Menyetujui Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Sandy Walsh
Sandy Walsh. (Instagram.com/sandywalsh)

Lalu tahap apaagi yang harus dilalui Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk bisa membela Timnas Indonesia? Jawabannya ada tiga tahap.

Tahap pertama, Sandy Walsh dan Jordi Amat menunggu Keputusan Presiden (Keppres) Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) yang dikeluarkan Sekretariat Negara (Setneg).

Setelah itu, keduanya melakukan proses tahap kedua, yakni pengambilan sumpah janji setia kewarganegaraan. Janji ini akan diambil Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Jordi Amat
Jordi Amat saat diwawancara awak media di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (26/5). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

Alhasil, Sandy Walsh dan Jordi Amat resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Namun, keduanya belum bisa membela Timnas Indonesia. Kenapa?

Pasalnya, keduanya harus mendapat persetujuan pendaftaran pemain dari FIFA. Syaratnya adalah perpindahan asosiasi.

PSSI harus mengirim administrasi status perpindahan asosiasi ke asosiasi Sandy Walsh dan Jordi Amat berasal. Sandy Walsh berasal dari Belanda (KNVB), sedangkan Jordi Amat dari Spanyol (RFEF).

Setelah perpindahan asosiasi beres, Sandy Walsh dan Jordi Amat baru bisa membela Timnas Indonesia. Biasanya perpindahan asosiasi memakan waktu 2-3 minggu.

Sebagai informasi tambahan, Sandy Walsh saat ini bermain di kasta teratas Liga Belgia bersama KV Mechelen. Sedangkan, Jordi Amat bermain bersama klub kaya raya Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Sandy Walsh Jordi Amat Timnas Indonesia Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.050

Bagikan