BolaSkor.com – Perlahan tapi pasti, Santiago Solari mengumpulkan kepingan-kepingan puzzle yang berantakan di era Julen Lopetegui dan menyatukannya kembali di Real Madrid. Tiga laga sudah dilaluinya di tiga kompetisi berbeda: Copa del Rey, LaLiga, dan Liga Champions. Hasilnya? Sangat positif.

Madrid menang 4-0 atas Melilla di leg satu 32 besar Copa del Rey, mengalahkan Real Valladolid di LaLiga dengan skor 2-0, dan melumat Viktoria Plzen di Liga Champions melalui skor 5-0. Total, Madrid-nya Solari mencetak 11 gol dan tidak kebobolan satupun gol alias clean sheet.

“Santiago Solari manajer kedua Real Madrid yang memenangi tiga laga pertamanya tanpa kebobolan gol (sejak terakhir dicatatkan Luis Carniglia di tahun 1957). Harapan,” kicau Twitter @OptaJose.

Statistik itu dicatatkan Solari dengan statusnya sebagai pelatih interim (sementara) Madrid. Mungkin, Florentino Perez, Presiden Madrid, tidak perlu jauh-jauh mencari pelatih tetap untuk menggantikan Lopetegui. Mauricio Pochettino, Antonio Conte, Leonardo Jardim, Roberto Martinez. Lupakan nama-nama itu.

Indiecito (Si India Kecil) siap membawa Madrid ke habitatnya, ke era kepelatihan Zinedine Zidane ketika mereka meraih tiga titel Liga Champions beruntun dan satu LaLiga. Tapi tunggu dulu, saat ini terlalu cepat menarik kesimpulan Solari pantas diberi kontrak permanen oleh Madrid. Tiga lawan yang sudah dilalui, tanpa mengurangi rasa respek, relatif mudah bagi Madrid.

Menilik empat laga Madrid ke depan, Solari baru akan diuji ketika Madrid menyambangi markas Celta Vigo (12/11), Roma (28/11), dan menjamu Valencia (2/12) di Santiago Bernabeu. Perjuangan Solari untuk mendapatkan kontrak tetap dari Madrid belum berakhir.

Dukungan dari Para Pemain Madrid

Nasib pelatih asal Argentina berusia 42 tahun masih tak menentu di Madrid. Kendati demikian, para pemain 100 persen mendukung Solari untuk terus melanjutkan pekerjannya hingga akhir musim. Karim Benzema, Casemiro, dan Alvaro Odriozola, tiga pemain yang vokal mengutarakannya.

“Saya tidak melihat seorang pelatih yang datang untuk satu atau dua bulan, bagi saya Solari harus bertahan hingga akhir musim,” tegas Benzema. “Dia pelatih hebat yang juga pernah jadi pemain hebat. Kami fokus bekerja dengan pelatih manapun dan sekarang kami bertarung mati-matian untuk Solari,” imbuh Odriozola.

Sementara Casemiro tidak keberatan jika Solari diberi kesempatan untuk terus melatih Madrid. “Kami mendukung Solari sebagai pelatih. Jika segalanya berjalan dengan baik, mengapa tidak memberinya kesempatan? (untuk terus melatih Madrid).”

Dukungan sudah didapat para pemain dan Madrid juga sedang berada di momentum yang bagus. Jadi, tak ada alasan sebenarnya bagi Perez untuk memilih pelatih lain ketika fakta berbicara, bahwa Solari sejauh ini mampu memaksimalkan skuat yang dimilikinya.