Satgas Anti Mafia Bola Harus Beri Keterangan Terperinci soal Dugaan Perusakan Barang Bukti Pengaturan Skor

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 11 Februari 2019
Satgas Anti Mafia Bola Harus Beri Keterangan Terperinci soal Dugaan Perusakan Barang Bukti Pengaturan Skor
Satgas Anti Mafia Bola menggeledah Kantor PSSI. (Istimewa).

BolaSkor.com - Satgas Anti Mafia Bola dari Polri dinilai harus berhati-hati saat mengeluarkan komentar terkait penggeledahan kantor PSSI. Dia menilai, polisi tidak bisa langsung menyebut terdapat penghilangan atau perusakan barang bukti oleh oknum tertentu dalam kasus pengaturan skor.

Sebelumnya, Satgas Anti Mafia Bola memastikan, kasus perusakan yang diduga barang bukti pengaturan skor terus berlanjut. Setidaknya 3 orang telah ditetapkan sebagai tersangka, karena telah memasuki ruangan sidang Komisi Disiplin yang juga kantor marketing Persija di Rasuna Office Park, 1 Februari lalu. Padahal saat itu, polisi telah menyegel tempat tersebut.

Mereka juga mengambil sejumlah barang, seperti rekaman CCTV, laptop inventaris Persija, dan telepon genggam yang diduga milik Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Baca Juga:

Satgas Anti Mafia Bola Sasar Persija, Haruna Soemitro: Gede Widiade Harusnya Bertanggung Jawab

Satgas Anti Mafia Bola Sasar Persija, Haruna Soemitro: Gede Widiade Harusnya Bertanggung Jawab

"Harus dipaparkan secara rinci mengenai isi dokumen di dalam laporan keuangan itu. Apakah berkaitan pengaturan skor," ungkap Pakar Hukum Pidana dari Universitas Trisakti, Jakarta, Abdul Ficar Hadjar kepada wartawan, Minggu, (10/2)

Dalam mengungkap kasus pengaturan skor, menurut Abdul Ficar, bukan cuman dokumen, Polisi bisa memeriksa rekaman pertandingan untuk membuktikan telah terjadi pengaturan skor. Hanya saja, sangat sulit membuktikan praktik tersebut melalui rekaman pertandingan.

"Ya, bisa saja untuk memperkuat alat bukti keterangan saksi, karena keterangan saksi lebih kuat. Dalam rekaman pertandingan tidak menggambarkan pengaturan skor dan memperlihatkan bukti berupa uang suap. Semua bisa terlihat secara wajar," katanya.

Satgas Anti Mafia Bola Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan