Satia Bagdja Tetapkan Dua Kriteria untuk Pemain Timnas Wanita Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 06 April 2018
Satia Bagdja Tetapkan Dua Kriteria untuk Pemain Timnas Wanita Indonesia
Timnas Wanita Indonesia. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Wanita Indonesia, Satia Bagdja, setidaknya menetapkan dua kriteria yang harus dipenuhi pemain untuk membela tim Srikandi Indonesia, baik di Piala AFF Wanita 2018 dan Asian Games 2018. Bagi Satia Bagdja, pemain saat ini bukan hanya memerlukan fisik yang baik saja.

Hal ini disampaikan Satia dalam masa persiapan Timnas Wanita Indonesia. Satia Bagdja masih melakukan proses seleksi, di mana saat ini tersisa 32 pemain dari 40 yang sebelumnya dipanggil.

"Nanti dikurangi lagi. Saat ini 32 pemain, yang masuk hanya 20. Selain fisik yang baik, skill juga mesti bagus. Itu memang syarat untuk sepak bola putri, di sepak bola putra juga demikian," jelas Satia Bagdja.

"Jadi tidak seperti dahulu, hanya mengandalkan fisik. Seperti pada 1997, dengan fisik bisa masuk semifinal SEA Games dan akhirnya peringkat keempat. Saat itu, kita memang baik di fisik, sementara skill biasa saja," tambahnya.

Satia Bagdja menambahkan bahwa ke depan akan memulangkan beberapa pemain dan memasukkan pemain lain. "Kami akan mencoba pemain lagi. Ada beberapa dipulangkan dan dimasukkan yang bagus. Akan seperti itu terus, itu yang sulit dan kendala sepak bola putri karena tidak ada kompetisi."

"Bayangkan pemain yang dipulangkan, apa ada jaminan kondisinya tetap bagus. Ini karena tidak punya klub, mengingat tak punya kompetisi."

Satia Bagdja meminta PSSI untuk lebih serius terhadap sepak bola wanita. Kompetisi rutin menjadi satu-satunya yang diharapkan digelar oleh induk sepak bola Indonesia itu.

Dengan kompetisi, Satia Bagdja yakin Timnas Wanita Indonesia lebih berprestasi. "Mesti ada kompetisi, kalau tidak ada ya susah."

"Sebetulnya ada potensi. Indonesia pernah ranking 4 AFC pada 1986 dan ranking 2 AFF. Potensi ada, tinggal PSSI bagaimana. Kalau ada kompetisi, itu bagus. Sebenarnya banyak pemain juga yang beredar di futsal, tapi ajang yang diikuti berbarengan dengan turnamen futsal," tambahnya.

Breaking News Timnas Wanita Indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan