BolaSkor.com - Tim Nasional Inggris tidak hanya menang 1-0 saat menjamu Kroasia pada laga perdana grup D Piala Eropa 2020. Seorang bintang anyar The Three Lions juga lahir dari pertandingan ini.

Duel Inggris kontra Kroasia di Stadion Wembley, Minggu (13/6), berlangsung sengit. Para pemain kedua tim mencoba tampil maksimal demi meraih kemenangan.

Publik sempat dibuat heran dengan susunan pemain yang diturunkan pelatih Inggris, Gareth Southgate. Ia secara berani mengandalkan tiga pemain muda yaitu Kalvin Phillips, Declan Rice, dan Mason Mount di lini tengah.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Inggris 1-0 Kroasia: Raheem Sterling Jadi Pahlawan

Bintang Laga Inggris Vs Kroasia: Raheem Sterling Bikin Lawan Pening

Dulu Cuma Lihat di Televisi, Kini Ben Chilwell Hadapi Langsung Luka Modric

Kalvin Phillips

Padahal di bangku cadangan ada Jordan Henderson yang lebih berpengalaman. Southgate juga seperti mengabaikan status Kroasia sebagai finalis Piala Dunia 2018.

Namun keputusan Southgate akhirnya berbuah manis. Trio lini tengahnya tampil solid untuk membuat Kroasia kesulitan mengembangkan permainannya.

Dari ketiga pemain tersebut, sosok Phillips menjadi yang paling menonjol. Selain membukukan assist untuk gol Raheem Sterling, daya jelajahnya juga sangat mengagumkan.

Padahal laga kontra Kroasia merupakan debut Phillips di Piala Eropa dan sekaligus turnamen besar. Ia memang baru mulai mendapat tempat di tim asuhan Southgate sejak pertengahan tahun lalu.

Caps Phillips bersama Timnas Inggris bahkan belum menyentuh angka dua digit. Sebelum kontra Kroasia, ia baru delapan kali tampil membela negaranya.

Southgate tak ragu memberikan pujian kepada Phillips. Performa sang pemain dianggap telah melebihi ekspektasinya.

Aksi Kalvin Phillips

"Kalvin adalah anak yang luar biasa untuk diajak bekerja sama, sangat sederhana dan saya pikir penampilannya luar biasa. Kontribusinya terhadap gol itu menyimpulkan hal itu," kata Southgate usai pertandingan.

"Kami memintanya untuk memainkan posisi yang sedikit lebih maju dibandingkan di klubnya, tetapi dia memiliki teknik untuk melakukan itu. Ini memberi kami soliditas di lini tengah dan memungkinkan kami memainkan empat pemain penyerang secara efektif dengan Mason."

Respons Phillips

Phillips merupakan produk asli akademi Leeds United. Kesuksesan The Whites promosi ke Premier League membuat bakatnya mulai dikenal publik.

Kemampuan Phillips juga kian terasah setelah mendapat sentuhan tangan dingin Marcelo Bielsa. Namanya hampir pasti segera menjadi buruan klub-klub besar Eropa.

Mendapat banyak pujian, Phillips sendiri memilih merendah. Ia ingin terus tampil apik di pertandingan selanjutnya.

"Ini hasil yang bagus dan saya senang dengan penampilan saya. Masih ada dua pertandingan grup tersisa dan kami harus tampil seperti itu," kata Phillips.

"Ada banyak pembicaraan tentang saya dan Declan Rice berjuang untuk satu posisi tetapi ketika kami bermain bersama, saya pikir kami bermain sangat baik. Merupakan suatu kehormatan untuk bermain dengannya."

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini