Satu Dekade Lalu, Ketika Manchester City Menjelma Jadi Klub Terkaya Dunia

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 01 September 2018
Satu Dekade Lalu, Ketika Manchester City Menjelma Jadi Klub Terkaya Dunia
Manchester City juara Premier League 2017-18. (ManCity)

BolaSkor.com - Pada 1 September 2008 atau tepat satu dekade lalu, Abu Dhabi United Group (ADUG) di bawah Sheik Mansour bin Zayed Al Nahyan setuju untuk mengambil alih Manchester City.

Man City yang satu dekade sebelumnya berkutat di kasta ketiga sepak bola Inggris menjelma menjadi klub paling kaya sedunia. Klub tetangga Manchester United mendadak memiliki dana untuk mendatangkan talenta-talenta terbaik di kolong langit.

Dalam rentang satu dekade, lebih dari 1,4 miliar poundsterling sudah dikucurkan untuk membeli pemain. Sejak saat itu pula, The Citizens tiga kali menjadi kampiun Premier League dan menempatkan diri di jajaran klub elite Eropa.

Menarik untuk melihat bagaimana perjalanan Manchester City menjadi seperti saat ini. Bagaimana proses dari semua itu di balik layar.


Kekacauan 2008

Pada Agustus 2008, setelah sang istri ditahan karena kasus penipuan, mantan perdana menteri Thailand, Thaksin Shinawatra kabur dari negaranya dan terbang ke Inggris. Saat itu dikabarkan kekayaan Shinawatra yang disebut senilai 1 miliar pound dibekukan pemerintah Thailand.

Kekacauan ini berdampak pada Manchester City yang saat itu dimiliki Shinawatra. City yang menutup musim sebelumnya dengan menelan kekalahan 1-8 dari Middlesbrough menunjuk Mark Hughes sebagai arsitek anyar menggantikan Sven-Goran Eriksson.

Ketua eksekutif City, Garry Cook berusaha keras mencar solusi dari menumpuknya permasalahan. "Terjadi kekacauan. Semua pihak mencoba bertahan dari kehancuran. Tak banyak harapan. Pada kenyataanya, secara finansial kami hampir gulung tikar."

"Kami tidak bisa membayar tagihan. Kami tidak bisa membayar gaji. Semua uang dibekukan. Situasinya membuat kami putus asa. Kami berusaha meminjam uang ke mana saja. Kami meminjam uang kepada anggota dewan direksi. Bukan untuk menjalankan klub, tapi untuk selamat," papar Cook.

Premier League Manchester City Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan