Satu Kekurangan Mencolok Barcelona Asuhan Xavi Hernandez

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 28 Januari 2023
Satu Kekurangan Mencolok Barcelona Asuhan Xavi Hernandez
Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - Barcelona mulai kembali ke jalur yang benar di bawah asuhan Xavi Hernandez. Meski begitu, Blaugrana masih punya satu kekurangan yang mencolok.

Seperti diketahui, Xavi sudah lebih dari satu tahun menangani Barcelona. Selama periode tersebut, El Barca mengalami pasang surut.

Barcelona tampil buruk di fase grup Liga Champions 2022-2023 hingga terlempar ke Liga Europa. Namun kegagalan itu ditebus dengan menjuarai Piala Super Spanyol.

Baca Juga:

Martin Odegaard Diklaim Tergoda Pindah ke Barcelona

Penyelamat Barcelona Itu Bernama Marc-Andre ter Stegen

Ousmane Dembele dan Gol ke-1.500 Barcelona di Copa del Rey

Itu merupakan trofi pertama Barcelona sejak diasuh Xavi. Hebatnya, gelar ini diraih dengan mengalahkan Real Madrid pada partai puncak.

Tak heran jika Barcelona kini dalam rasa percaya diri tinggi. Frenkie de Jong dan kawan-kawan masih punya peluang untuk meraih tiga trofi bergengsi lainnya yaitu LaLiga, Copa del Rey, dan Liga Europa.

Untuk memenuhi ambisi tersebut, Barcelona wajib memburu kemenangan di setiap pertandingan. Demi mewujudkannya, mereka harus mencetak gol.

Salah satu opsi yang bisa dipilih adalah memaksimalkan situasi bola mati. Namun Barcelona nyatanya punya statistik yang terlampau buruk.

Barcelona belum mampu mencetak gol dari tendangan bebas langsung sejak Xavi duduk di kursi pelatih. Ini tentu bukan berita bagus.

Terakhir kali Barcelona mencetak gol tendangan bebas langsung terjadi pada Mei 2021. Namun pelakunya adalah Lionel Messi yang telah pergi ke Paris Saint-Germain (PSG).

Fakta tersebut tentunya sangat mengherankan. Barcelona sejatinya punya banyak eksekutor tendangan bebas yang tak kalah berkualitas.

Sepanjang musim 2021-2022, Barcelona punya 15 kesempatan tendangan bebas dari jarak ideal. Namun tidak ada yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Memphis Depay, Ferran Torres, dan Ousmane Dembele.

Sementara untuk musim ini, Dembele diberi tanggung jawab untuk menjadi eksekutor utama tendangan bebas Barcelona. Namun ia lebih sering memberikan umpan ketimbang melepaskan tembakan langsung.

Ini tentu menjadi ironi tersendiri. Sejak dulu, Barcelona memang dikenal punya eksekutor tendangan bebas kelas satu.

Sebelum Messi, Barcelona pernah punya nama-nama seperti Ronaldinho, Deco, hingga Rivaldo. Xavi juga termasuk salah satu eksekutor tendangan bebas yang cukup mumpuni.

Kekurangan ini harusnya disadari Xavi. Bukan tidak mungkin dirinya memberi porsi latihan lebih untuk para eksekutor bola mati Barcelona demi memperbesar peluang meraih trofi tambahan.

Barcelona Xavi Hernandez Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan