Satu Kemenangan Menuju Keabadian untuk Borussia Dortmund

Arief HadiArief Hadi - Senin, 22 Mei 2023
Satu Kemenangan Menuju Keabadian untuk Borussia Dortmund
Borussia Dortmund (Twitter)

BolaSkor.com - Perebutan titel liga di lima liga top Eropa sudah berakhir di Spanyol, Italia, dan Inggris, namun persaingan tersebut belum berakhir di Jerman, Bundesliga. Juara Bundesliga 2022-2023 akan ditentukan di laga pamungkas.

Pada pekan 33 Bundesliga kejutan terjadi ketika Bayern Munchen takluk 1-3 melawan RB Leipzig di Allianz Arena. Rival Bayern, Borussia Dortmund tidak menyiakan kesempatan itu dan menaklukkan Augsburg di laga tandang.

Dortmund menang 3-0 melalui dua gol Sebastien Haller dan satu gol Julian Brandt, sementara Augsburg bermain dengan 10 pemain pasca Felix Uduokhai menerima kartu merah di menit 38. Kemenangan itu mengubah posisi klasemen.

Bayern turun ke urutan dua klasemen dengan 68 poin dari 33 laga dan Dortmund menyalip mereka, naik ke urutan satu dengan 70 poin dari 33 pertandingan. Alhasil, Dortmund menentukan nasib mereka sendiri dalam jalur perebutan titel Bundesliga.

Baca Juga:

Uang Bukan Segalanya, Klub Italia dan Spanyol Bisa Bersaing Lawan Tim Inggris di Eropa

Liga Champions: Pertikaian Sadio Mane dengan Leroy Sane Bisa Bangkitkan Bayern Munchen

Tren Negatif Bayern Munchen Berlanjut, Thomas Tuchel Temukan Penyebabnya

Dortmund saat ini di puncak klasemen dengan 70 poin dari 33 laga diikuti Bayern dengan 68 poin. Dortmund, di laga terakhir Bundesliga, akan melawan Mainz di Signal Iduna Park, Sabtu (27/10) pukul 20.30 WIB.

Sementara Bayern akan menyambangi markas FC Koln di laga terakhir Bundesliga. Kemenangan sudah cukup bagi Dortmund arahan Edin Terzic untuk jadi juara Bundesliga dan pertama kali sejak 2012 di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Edin Terzic (Twitter)

"Kami senang berada dalam situasi ini. Kami lebih dekat dari sebelumnya. Kami telah banyak menderita, kami banyak berkeringat. Sekarang tentang menghargai itu dan mengambil langkah terakhir bersama dengan penggemar kami, di stadion kami untuk membawa trofi kejuaraan kembali ke Dortmund," kata Terzic kepada DAZN.

"Masih ada satu langkah yang ingin kami ambil bersama. Setelah itu, kami akan melepaskan semua emosi, apakah itu kebanggaan atau euforia. Kami belum selesai."

"Dalam tujuh hari musim akan berakhir. Kemudian orang-orang - yang semuanya menghasilkan banyak uang - dapat membeli apapun yang mereka inginkan."

"Mobil berikutnya, rumah berikutnya, liburan berikutnya - tetapi Anda tidak dapat membeli saat-saat seperti ini. Kami memiliki untuk mengambil langkah terakhir dan membawa pulang trofi kejuaraan ke Dortmund," tegasnya.

Malapetaka untuk Bayern Munchen

Euforia untuk Dortmund yang sudah berada di ambang menuju 'keabadian' juara Bundesliga, setelah terakhir juara bersama Klopp pada 2012, nestapa untuk Bayern yang sudah menjadi juara sejak 2013 hingga 2022.

Semenjak memecat Julian Nagelsmann di tengah musim, menunjuk Thomas Tuchel sebagai pelatih, Bayern perlahan tersingkir di tiap kompetisi yang diikuti. Padahal, saat dilatih Nagelsmann, Bayern dalam jalur treble winners di DFB Pokal, Liga Champions, dan Bundesliga.

Bayern disingkirkan SC Freiburg di DFB Pokal, didepak Manchester City di Liga Champions, dan kini tak lagi menentukan nasib mereka sendiri dalam jalur perebutan titel Bundesliga. Bayern terancam nirgelar di akhir musim ini.

"Ketika Anda bermain jauh di bawah level Anda dan Anda terus menurunkan level itu maka Anda akan berjuang untuk memenangkan pertandingan dan ketika Anda berjuang untuk memenangkan pertandingan, itu tidak cukup," tutur Tuchel selepas laga lawan Leipzig.

"Saya tidak punya penjelasan bagaimana hal seperti itu bisa terjadi. Itu tidak bisa dijelaskan. Kami berhenti bergerak, berhenti membantu, berhenti menunjukkan keberanian."

"Saya kecewa karena kami bisa melakukannya jauh lebih baik. Kami memiliki permainan di tangan kami dan memberikannya."

"Ini masih belum berakhir. Mari kita lihat apa yang terjadi pada matchday terakhir. Jelas kami menginginkan sesuatu yang berbeda," urai eks pelatih Chelsea tersebut.

Bundesliga Bundesliga Jerman Bayern Bayern munchen Dortmund Borrusia Dortmund
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.110

Bagikan