Schalke dan Aib Terbesar di Bundesliga Selama Tiga Dekade

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 21 April 2021
Schalke dan Aib Terbesar di Bundesliga Selama Tiga Dekade
Schalke (Twitter)

BolaSkor.com - Musim 2020-2021 akan dikenang dalam sejarah Schalke sebagai musim terburuk yang menyisakan aib. Bagaimana tidak, klub berjuluk The Royal Blues dipastikan degradasi ke divisi dua sepak bola Jerman 2. Bundesliga.

Kepastian itu datang setelah Schalke kalah 0-1 dari Arminia Bielefeld melalui gol tunggal Fabian Klos di menit 50, Rabu (21/04) dini hari WIB. Schalke dipastikan finish di zona degradasi dengan raihan 13 poin dari 30 laga saat ini.

Masuknya pemain-pemain berpengalaman yang didatangkan manajemen pada Januari seperti Klaas-Jan Huntelaar, Sead Kolasinac, dan Shkodran Mustafi tak mampu menyelamatkan tim yang identik dengan warna biru itu.

Pertama kali dalam sejarah Schalke sejak 1988 atau selama 33 tahun Schalke degradasi. Ini jadi kali keempat Schalke degradasi setelah sebelumnya terjadi pada 1981, 1983, dan 1988.

Baca Juga:

Mesin Gol Borussia Dortmund Bernama Erling Haaland

Xabi Alonso Ungkap Alasan Tolak Latih Borussia Monchengladbach

Schalke dan 'Kebahagiaan' Tasmania dengan Rekor Terburuk di Bundesliga

Schalke

"Kami tahu apa yang akan terjadi, tetapi ketika itu terjadi dan Anda menyadari itu sudah berakhir, itu brutal," ucap Gerald Asamoah, eks pemain Schalke yang kini menjadi staf pasrah dengan kondisi tim.

"Jika Anda terakhir dalam tabel, memiliki 13 poin ... Jika seseorang mengatakan mereka memberikan segalanya ... Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan dengan orang ini."

Indikasi kesulitan Schalke musim ini sudah terlihat sejak awal. Schalke sudah lima kali berganti pelatih dari David Wagner, Manuel Baum, Huub Stevens, Christian Gross, dan kini dilatih oleh Dimitrios Grammozis.

Tak ayal degradasi menjadi aib Schalke sejak terakhir promosi ke Bundesliga pada 1991. Dari 1991 hingga saat ini Schalke pernah jadi lima kali runner-up Bundesliga, juara Liga Europa (1997), dan tiga kali memenangi DFB serta satu Piala Super Jerman.

Warisan Schalke

Huub Stevens tetap menjadi salah satu pelatih terbaik yang pernah melatih Schalke. Pada periode pertama selama enam tahun (1996-2002) Stevens konsisten membawa Schalke bersaing di papan atas Bundesliga.

Selain pelatih, satu warisan yang akan dikenang dari Schalke adalah fakta produk-produk berbakat dari klub yang berada di Kota Gelsenkirchen tersebut. Mereka terlahir dari akademi Knappenschmiede.

Talenta berbakat yang lahir dari sana seperti Manuel Neuer, Mesut Ozil, Benedikt Howedes, Julian Draxler, Joel Matip, hingga dua generasi baru Leroy Sane dan Weston McKennie.

Mereka semua produk-produk akademi Schalke yang bermain di klub top Eropa lain dan sukses, khususnya Manuel Neuer yang sudah meraih sukses besar di Bayern Munchen dan timnas Jerman.

Breaking News Bundesliga Bundesliga Jerman Schalke FC Schalke Schalke 04
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.113

Bagikan