SEA Games 2019: Dianulirnya Medali Perak di Modern Pentathlon, Manajer Akui Bukan Salah Panitia

Hendry WibowoHendry Wibowo - Sabtu, 07 Desember 2019
SEA Games 2019: Dianulirnya Medali Perak di Modern Pentathlon, Manajer Akui Bukan Salah Panitia
Skuad Modern Pentathlon Indonesia (Istimewa)

BolaSkor.com - Kontroversi sempat terjadi pada hari keenam cabang olahraga Modern Pentathlon di SEA Games 2019, Jumat (7/12) lalu. Adalah dianulirnya medali perak milik Cintya Nariska pada nomor Beach Triathle Individual.

Medali perak milik Cintya dianulir lantaran atlet Indonesia lainnya, Putri Dea Salsabila sudah meraih emas. Diketahui, panitia penyelenggara memang sudah memberikan edaran mengenai medali cabor modern pentathlon hanya untuk atlet negara berbeda.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Medali Perak Modern Pentathlon untuk Indonesia Dibatalkan, MPI Tidak Terima

SEA Games 2019: Karate Sumbang Dua Emas, Atlet 10 Tahun Raih Perunggu dari Skateboard

Jadi dalam kasus medali milik Dea dan Cintya, maka hanya emas yang masuk hitungan. Edaran ini tertulis pada bulan Oktober lalu dan sudah diberikan kepada semua peserta.

Manajer Modern Pentathlon Indonesia (MPI), Glenn Apfel sempat kecewa dengan keputusan panitia yang menganulir perak milik Cintya.

Namun kini ia mengakui kesalahan bukan ada di panitia, melainkan edaran regulasi yang tidak sampai ke tangannya. Sehingga ia urung mengetahui regulasi mengenai setiap medali hanya untuk negara berbeda.

"Ini bukan kesalahan panitia, sebab kami yang belum menerima amandemen itu dan tidak menyampaikan kepada atlet," kata Apfel.

"Kami sedang cek ke Jakarta di mana macetnya surat itu. Sekarang fokus kami membuat agar si atlet tidak kecewa," lanjutnya.

Salah satu kekecewaan tentunya mengenai bonus yang diterima atlet. Karena setiap peraih medali bakal mendapat bonus.

"Solusinya, kami akan bicarakan dengan KOI kalau anak ini memenangkan perak, nomor dua dan di tabel resmi juga nomor dua," Apfel menerangkan.

"Di jajaran federasi ketua umum menjanjikan berapapun bonus yang diterima atlet, minimal setengahnya akan diberikan oleh ketua umum," tambahnya.

Modern pentathlon sendiri salah satu cabor mengejutkan buat kontingen Indonesia. Salah satu atlet, Dea bahkan sudah membawa pulang tiga medali emas.*

Breaking News SEA Games 2019 Modern Pentathlon Indonesia
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan