BolaSkor.com - Tim beregu putra Indonesia berhasil meraih medali emas pada ajang bulu tangkis SEA Games 2019 usai meraih kemenangan 3-1 atas Malaysia Pertandingan berlangsung di di Mintinlupa Sports Complex, Selasa (3/12).

Ini merupakan gelar ke-17 yang diberikan tim beregu putra Indonesia di cabor bulu tangkis. Tidak hanya itu saja ini merupakan gelar keenam secara beruntun yang didapat oleh Indonesia sejak tahun 2007 silam (tahun 2013 nomor beregu tidak dilombakan).

Kunci kemenangan Indonesia ada di pada pertandingan ketiga. Indonesia yang diawakili oleh tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting yang mengalahkan Soong Joo Ven.

Ginting kurang meyakinkan saat memulai pertandingan. Ia sempat tertinggal jauh pada gim pertama. Bahkan tunggal putra Malaysia berhasil menutup gim pertama dengan 13-21.

Baca Juga:

Klasemen Medali SEA Games 2019: Tambah Enam Medali Emas, Indonesia di Peringkat Empat

SEA Games 2019: Bowling, Ice Skating, dan Senam Tambah 4 Medali untuk Indonesia

Baru gim kedua, Ginting mulai menemukan ritme permainnanya. Ia mulai bisa membaca permainan Joo Ven dan membuat lawan kesulitan dengan permainan yang dilakukan oleh Ginting.

Melalui pertandingan yang cukup panjang, akhirnya ginting perlahan bangkit dari tekanan lawan dan berhasil meraih kemenangan pada gim tersebut 21-15. Pertandingan harus dilanjutkan pada rubber game.

Di awal gim ketiga, kaduanya saling kejar mengejar poin sampai jeda. Pada saat interval, Ginting teringgal 10-11. Ginting pun akhirnya menyusul pada poin 18-14, sempat dikejar oleh Joo Ven namun akhirnya tunggal putra kedua Indonesia ini menang 21-19.

Anthony Sinisuka Ginting (Istimewa)

Medali emas sendiri dipastikan Indonesia pada pertandingan kempat atau ganda putra. Menurunkan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf, keduanya mengandaskan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Tekanan sejatinya ada di pasangan Indonesia lantaran wajib menang untuk memastikan medali emas. Gim pertama, Wahyu/Ade bermain sangat baik. Tidak ada raut ketegangan di wajah mereka.

Sebelum jeda mereka berhasil unggul 11-9. Gim pertama pun ditutup dengan kemenangan 21-16. Gim kedua, permainan keduanya tidak berubah.

Mereka terus menekan pertahanan Malaysia, meskipun mereka sempat tertinggal pada saat jeda. Namun perlahan mereka bangkit dan berhasil meraih kemenangan 21-19.

Dengan kemenangan yang diraih oleh Wahyu/Ade, Indonesia berhasil meraih kemenangan 3-1 atas Malaysia.*

Rekap Pertandingan Final
Indonesia vs Malaysia: 3-1

Partai Pertama: Jonatan Christie vs Lee Zii Jia: 21-9, 21-17
Partai Kedua: Anthony Sinisuka Ginting vs Soong Joo Ven: 13-21, 21-15, 21-18
Partai Ketiga: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Aaron Chia Teng Fong/Soh Wooi Yik: 17-21, 13-21
Partai Ketiga: Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi 21-16 21-19