BolaSkor.com - Tim bulu tangkis Indonesia pada SEA Games 2019 berpeluang menyamai catatan 12 tahun silam. Hal itu setelah tim putra dan tim putri lolos ke final ajang tersebut.

Tim beregu putri Indonesia memastikan lolos ke final SEA Games 2019 terlebih dulu. Gregoria Mariska dan kawan-kawan menaklukkan Singapura di Mintinlupa Sports Complex, Senin (2/12).

Pada pertandingan tersebut, tim beregu putri Indonesia menang 3-1 atas Singapura. Gregoria Mariska mengawali kemenangan tim Indonesia atas Yeo Jia Min 21-15, 23-21.

Sementara itu, Ni Ketut Mahadewi/Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva/Ribka Sugiarto juga menang. Satu-satunya kekalahan Indonesia diterima oleh Fitriani.

Tidak lama berselang, giliran tim beregu putra yang memastikan lolos ke final SEA Games 2019. Jonathan Christie dan kawan-kawan menang telak 3-0 atas Thailand di tempat yang sama.

Jonathan Christie mengatasi perlawanan andalan Thailand, Kantaphon Wangcharoen, dengan skor 22-20, 8-21, 21-8. Kemenangan tersebut diikuti wakil Indonesia lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian dan Anthony Sinisuka Ginting.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Jadi Penentu Kemenangan, Anthony Ginting Waspadai Malaysia di Final Bulu Tangkis Beregu Putra

SEA Games 2019: Sikat Thailand, Indonesia ke Final Beregu Putra Bulu Tangkis

Beregu Putri Indonesia

Hasil tersebut membuat kontingen Indonesia berpeluang mengawinkan gelar beregu bulu tangkis di SEA Games 2019. Kali terakhir Tim Merah Putih mampu melakukannya adalah pada edisi 2007.

Pada SEA Games 2007, tim putra Indonesia mengatasi perlawanan Singapura di final. Saat itu, Taufik Hidayat dan kawan-kawan menang telak 3-0 atas Singapura.

Sementara itu, tim putri juga menghadapi lawan yang sama. Bedanya, tim putri Indonesia sempat mendapat perlawanan sengit dari Singapura hingga hanya menang 3-2.

Sejak saat itu, tim beregu putra Indonesia memang masih mendominasi SEA Games dengan selalu menyabet medali emas. Sayangnya, tidak demikian dengan tim beregu putri yang gagal mengulangi kejayaan saat itu.

Bahkan, pada dua edisi terakhir SEA Games, tim beregu putri Indonesia gagal lolos ke final. Sejak SEA Games 2007, mereka hanya dua kali meraih perak, pada edisi 2009 dan 2011.

Patut dinanti, mampukah tim beregu Indonesia mengulangi prestasi 12 tahun silam? Tim beregu putri Indonesia bakal menghadapi Singapura, sementara tim putra ditantang Malaysia.