Bolaskor.com - Setelah tim beregu putri kalah 1-3 dari tim Thailand, Indonesia berhasil membawa medali perak dari ajang SEA Games 2019, Selasa (3/12).

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti mengungkapkan bahwa raihan medali perak di nomor ini sudah sesuai prediksi dan target sejak awal.

"Hasil ini sudah sesuai prediksi dan target dari awal. Kekuatan tim Thailand juga memang lebih unggul. khususnya di sektor tunggal," kata Susy.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Gregoria Mariska Kalah, Tim Putri Indonesia Tahan Thailand 1-1

SEA Games 2019: Hujan Deras Paksa Tiga Cabor Dibatalkan

Di nomor tunggal putri, Indonesia yang diwakili oleh Gregoria kalah rubber game dari Ratchanok Intanon dengan skor 13-21, 21-12, 14-21. Kekalahan itu membuat Indonesia tertinggal 0-1 dari Thailand.

Kemudian, pasangan Ni Ketut Mahadewi Istarani/Apriyani Rahayu berhasil membawa kedudukan yang sama menjadi 1-1, ketika berhasil menang dengan skor 21-17, 21-18, dari pasangan Rawinda Prajongjai/Puttita Supajirakul.

“Gregoria sudah lumayan tapi masih belum bisa konsisten dalam permainan. Sehingga belum mampu mengatasi Ratchanok. Fitriani dia belakangan kurang bisa mengembangan permainan yang seharusnya. Pola permainan agak berubah dari sebelumnya. Sekarang sering kurang sabar dan buru-buru ingin mematikan lawan. Kami harapkan pelatih bisa membenahinya, seperti permainan waktu di Thailand Open saat dia juara,” jelas Susy.

Tim Indonesia juga tak bisa menambah poin lagi setelah Fitriani kalah dari Busanan Ongbamrungphan dengan skor 8-21, 10-21. Begitu juga kekalahan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dari Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong dengan skor 8-21, 17-21.

“Apri/Ketut tampil cukup baik dengan mengalahkan ganda andalan Thailand. Meski mereka baru berpasangan, tapi mereka bisa saling mengisi. Sementara Fadia/Ribka mereka masih belum bisa keluar dari tekanan. Kami harapkan kedepannya bisa lebih baik lagi. Karena ini pengalaman mereka tampil di SEA Games,” tambah Susy.

Hasil yang diraih tim beregu putri pada ajang kali ini lebih baik jika dibandingkan dengan SEA Games 2017 lalu di Malaysia yang saat itu hanya berhasil memperoleh medali perunggu. (Shyanne Gunawan)