SEA Games 2019: Medali Perak Modern Pentathlon untuk Indonesia Dibatalkan, MPI Tidak Terima

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 06 Desember 2019
SEA Games 2019: Medali Perak Modern Pentathlon untuk Indonesia Dibatalkan, MPI Tidak Terima
Tim Modern Pentathlon Indonesia. (NOC Indonesia)

BolaSkor.com - Indonesia urung mendapat medali perak dari cabang Modern Pentathlon nomor Beach Triathle Individual putri SEA Games 2019, Jumat (6/12). Aturan yang diterapkan disebut-sebut menjadi penyebabnya.

Dalam nomor ini, dua atlet Indonesia berada di posisi pertama dan kedua, masing-masing Putri Dea Salsabila dan Cintya Nariska. Dea Salsabila meraih medali emas setelah membukukan waktu terbaik 00:19:52.73.

Adapun Cintya Nariska berada di tempat kedua dengan catatan waktu 00:20:02.02. Dalam keterangan resmi baik di situs dan akun SEA Games 2019, Cintya Nariska dituliskan mendapat medali perak.

Namun medali perak tersebut akhirnya jatuh pada atlet Thailand Sanruthai Aransiri, yang awalnya dituliskan meraih medali perunggu setelah finis di tempat ketiga. Sementara medali perunggu akhirnya didapatkan atlet tuan rumah Princess Honey Arbilon yang finis di tempat keempat.

Keterangan di laman SEA Games 2019.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Menembak Panen Medali, Terbaru Satu Emas dan Perak

SEA Games 2019: Perjuangan Glenn Victor Tinggalkan Keluarga demi Medali

Cintya Nariska sempat bersiap-siap untuk pengalungan medali. Namun namanya tak dipanggil ke atas podium.

"Dikatakan di situ, dalam THB (Technical Handbook), ada peraturan bahwa satu negara hanya satu. Kami sendiri mendapat emas dan perak dan kami sudah siap di tempat bagian podium, tapi tidak dipanggil dan ternyata negara lain yang masuk," jelas Manajer Modern Pentathlon Indonesia (MPI), Glenn Apfel.

Modern Pentathlon Indonesia melakukan upaya agar Indonesia tetap meraih medali perak. "Sedang kami proses. Dari mana surat ini, yang mengatakan bahwa satu negara hanya satu."

"Kalau memang dijelaskan dalam technical meeting, saya rasa kami bisa terima dan memberi tahu ke atlet. Ini penting bahwa satu negara hanya satu, ini masalah prinsip. Harus semua setuju lalu kami katakan oke. Kami sendiri mencari di THB tapi tidak ada soal itu," jelasnya.

Laporan Langsung BolaSkor.com/Andhika Putra dari Filipina

Modern Pentathlon SEA Games 2019 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan