BolaSkor.com - Timnas Kamboja U-23 memastikan diri lolos ke semifinal sepak bola SEA Games 2019. Ini menyusul kemenangan 3-1 yang diperoleh pasukan Felix Dalmas di partai pamungkas Grup A kontra Malaysia di Stadion Rizal Memorial, Rabu (4/12) sore.

Kemenangan diraih setelah bermain imbang 0-0 di babak pertama. Timnas Kamboja U-23 langsung memecah kebuntuan dengan dua gol sekaligus dalam dua menit.

Gol pertama Kamboja dicetak oleh In Sodavid pada menit ke-56 sebelum Sieng Chanthea memperbesar keunggulan pada menit ke-57. Timnas Kamboja U-23 mencetak gol lagi pada menit ke-68 melalui Keo Sokpheng.

Timnas Kamboja U-22 sedikit mengendor dengan mengandalkan serangan balik di sisa laga. Gol harus diterima yang dicetak oleh Quentin Cheng pada menit ke-89.

Baca Juga:

Pelatih Laos U-23 Mengaku Sudah Mempelajari Kekuatan Timnas Indonesia U-23

Malaysia dan Filipina Tersingkir, Kamboja Temani Myanmar ke Semifinal

Tambahan tiga angka membuat Kamboja mengoleksi tujuh poin. Jumlah poin sama dengan Filipina, namun Angkor Warriors unggul jumpa poin sehingga finis di tempat kedua.

Timnas Kamboja U-23 sekaligus mendampingi Myanmar. Timnas Myanmar U-23 sudah lebih dulu memastikan diri lolos sebagai juara grup setelah mengumpulkan 10 poin, sehingga akan menghadapi runner-up Grup, sementara Kamboja melawan juara Grup B.

Ada dua sejarah yang dibuat melalui kesuksesan mengalahkan Malaysia. Yang pertama tentu soal kiprah Timnas Kamboja sepanjang SEA Games.

Timnas Kamboja untuk pertama kalinya akan tampil di semifinal. Sejak SEA Games berjalan pada edisi 1977, Kamboja belum pernah tampil di semifinal.

Sementara sejarah kedua yang dicatatkan terkait pertemuan dengan Malaysia. Sejak 1995, Kamboja tidak pernah menang atas Malaysia di SEA Games.

Dalam enam pertemuan, Timnas Kamboja bahkan selalu kalah. Pada SEA Games 1995 di Thailand, Kamboja digilas Malaysia 0-9, sedangkan pada edisi 1999 di Brunei, Kamboja ditekuk 2-7.

Pada edisi 2003 di Vietnam, Kamboja dikalahkan 1-8, sedangkan di edisi berikut pada 2005 Kamboja dikalahkan 0-5. Kekalahan juga diperoleh pada 2009 di Laos dengan skor 0-4, adapun pada 2011 Kamboja dikalahkan 1-4.