BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengapresiasi peselancar Filipina yang menyelamatkan wakil Indonesia di SEA Games 2019. Presiden Jokowi mengucapkan salam hormat untuk sang peselancar.

Cerita bermula ketika cabang olahraga (cabor) selancar SEA Games 2019 dipertandingkan pada Jumat (6/12). Saat itu, terjadi momen yang cukup mengharukan bahkan pantas masuk catatan sejarah.

Roger Casogay asal Filipina, dirasa pantas menerima gelar pahlawan. Pasalnya, Casogay membuang peluang meraih medali emas SEA Games 2019 karena menyelamatkan lawannya asal Indonesia.

Baca Juga:

Klasemen Medali SEA Games 2019: Tempati Peringkat Dua, Indonesia Ditempel Ketat Vietnam

SEA Games 2019: Kalah dari Tuan Rumah, Timnas Mobile Legends Indonesia Urung Raih Medali Emas

Peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat, nyaris tenggelam karena terhantam ombak. Melihat hal tersebut, Roger Casogay melepas peluang meraih medali emas SEA Games 2019 demi menyelamatkan Arip.

Apa yang dilakukan oleh Roger Casogay itu rupanya mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi. Sang Presiden menyebut kemanusiaan di atas segalanya.

"Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya. Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casogay," tulis Presiden Jokowi.

"Yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya, atlet Indonesia Arip Nurhidayat yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia," lanjutnya melalui unggahan lewat media sosial.

Selancar merupakan satu di antara cabor SEA Games 2019 yang terkena dampak paling besar dari badai Kammuri. Bahkan, kompetisi cabor itu sempat tiga kali ditunda.