SEA Games 2019 Resmi Dibuka, Defile Indonesia Tonjolkan Keberagaman Budaya

Hendry WibowoHendry Wibowo - Sabtu, 30 November 2019
SEA Games 2019 Resmi Dibuka, Defile Indonesia Tonjolkan Keberagaman Budaya
Momen Ketika Nama Indonesia Dipanggil Melakukan Defile (Istimewa)

BolaSkor.com - SEA Games 2019 di Filipina resmi dibuka pada Opening Ceremony yang berlangsung di Philipine Arena, Bocaue, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11).

Acara dibuka dengan tarian-tarian tradisional Filipina sebagai tuan rumah. Menariknya tidak hanya tradisional, terlihat juga tarian bernuansa Eropa tepatnya Spanyol.

Baca Juga:

SEA Games 2019 Diganggu Badai Kammuri, CdM Indonesia: Ada Tiga Cabor Alami Penundaan

Kursi Tak Penuh, Opening Ceremony SEA Games 2019 Digratiskan

Seperti diketahui, budaya Filipina memang sangat melekat dengan Spanyol, negara yang dahulu sempat menjajah negara tersebut cukup lama.

Tidak lama setelah tarian bernuansa Spanyol itu, defile kontingen dimulai. Stadion Philipine Arena mendadak ramai ketika nama Indonesia dipanggil pada urutan ketiga.

Sosok atlet polo air, Ridjkie Mulia menjadi pembawa bendera. Menariknya skuad polo air putra Indonesia yang berhasil menyumbangkan medali emas pertama berada di baris depan dengan menggunakan pakaian adat.

Sekitar puluhan orang memakai pakaian adat yang mencerminkan keragaman budaya Indonesia. Kemudian setelah barisan atlet yang menggunakan pakaian adat, atlet lainnya mengenakan seragam produksi Yonex, yang memang berstatus official jersey kontingen selama SEA Games 2019.

Setelah acara defile masih banyak acara di Opening Ceremony. Seperti penampilan pemusik dari anggota The Black Eyed Peas: Allan Pineda Lindo sampai Christian Bautista.

Tampak Presiden Filipina, Rodrigo Duterte juga hadir pada acara ini. Beragam kegiatan saat Opening Ceremony yang meriah seakan ingin membungkam beragam kritik lantaran masalah yang terus mendera sebelum acara ini.

SEA Games 2019 akan melombakan 56 cabang olahraga dan Indonesia sendiri mengikuti 52 cabor. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menargetkan kontingen Tanah Air bisa menjadi runner-up.*

Laporan Langsung Andhika Putra dari Filipina

Breaking News SEA Games 2019 Filipina Indonesia
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan