BolaSkor.com - Timnas Vietnam U-23 memastikan diri lolos sekaligus menjadi lawan Indonesia di partai final sepak bola SEA Games 2019. Kepastian ini setelah mengalahkan Kamboja dengan skor telak 4-0 dalam semifinal di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12) malam.

Timnas Vietnam U-23 memulai laga dengan hati-hati. Pun dengan Kamboja, sehingga permainan dalam tempo yang tidak cepat.

Timnas Vietnam U-23 membuka keunggulan melalui gol Nguyen Tien Linh pada menit ke-20. Gol dibuat dengan sundulan memaksimalkan umpan silang.

Sementara percobaan Golden Dragons pada menit ke-21 tak menghasilkan gol setelah bola tembakan ditahan kiper Kamboja, Keo Soksela.

Skuat asuhan Park Hang-seo mencetak gol lagi pada menit ke-26, di mana Ha Duc Chinh mencatatkan nama di papan skor. Gol dibuat setelah berhasil mendapat bola umpan jauh. Bola kemudian diarahkan, tanpa bisa dihalau kiper Kamboja.

Baca Juga:

Pelatih Myanmar Akui Timnas Indonesia U-23 Lebih Baik dan Layak ke Final

SEA Games 2019: Kalahkan Myanmar 4-2 Lewat Tambahan Waktu, Timnas Indonesia U-23 ke Final

Timnas Kamboja U-23 masih kesulitan. Sebaliknya Vietnam mencetak gol lagi pada menit ke-45+2.

Gol ketiga Timnas Vietnam U-23 dicetak oleh Ha Duc Chinh dengan sundulan memaksimalkan umpan silang. Skuat Golden Dragons unggul 3-0 sebelum turun minum.

Timnas Vietnam U-23 mencetak gol lagi pada menit ke-68. Bola umpan sepak pojok tak disambut sempurna Ha Duc Chinh sebelum mengenai badan pemain Kamboja Yue Safy dan masuk ke gawang.

Adapun percobaan Kamboja lewat tendangan bebas pada menit ke-79 tetap tak menghasilkan gol. Penalti didapat Kamboja menyusul handball pada menit ke-93, namun tak berhasil dijadikan gol. Skor 4-0 untuk keunggulan Timnas Vietnam U-23 tak berubah hingga laga berakhir.

Vietnam akan menghadapi Timnas Indonesia U-23 dalam partai final. Laga final dijadwalkan digelar di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12) malam atau setelah partai perebutan medali perunggu antara Myanmar dengan Kamboja.

Timnas Indonesia U-23 sudah lebih dulu memastikan lolos ke final. Itu lewat kemenangan 4-2 yang diperoleh melalui babak tambahan setelah bermain 2-2 di waktu normal.

Pertemuan di final sekaligus menjadi yang kedua di SEA Games 2019, mengingat sudah berjumpa di penyisihan Grup B. Dalam perjumpaan sebelumnya, Timnas Vietnam U-23 mengalahkan Indonesia 2-1.

Susunan Pemain:

Vietnam: Nguyen Van Toan (GK), Doan Van Hau, Nguyen Thanh Chung, Huynh Tan Sinh, Do Thanh Thinh, Do Hung Dung (C), Nguyen Duc Chien, Nguyen Trong Hoang, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tien Linh, Ha Duc Chinh

Kamboja: Keo Soksela (GK), Ken Chansopheak, Yue Safy, Ouk Sovann, Chheng Meng, Yeu Muslin, Orn Chanpolin (C), Mao Piseth, Sin Kakada, Reung Bunhieng, Keo Sokpheng