SEA Games 2021: Amanda Loupatty, dari Wushu Merajut Mimpi Raih Emas Kickboxing

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 09 Mei 2022
SEA Games 2021: Amanda Loupatty, dari Wushu Merajut Mimpi Raih Emas Kickboxing
Amanda La Loupatty. (BolaSkor.com/Taufik Hidayat)

BolaSkor.com - Amanda La Loupatty menjaga asa kontingen Indonesia untuk meraih medali emas SEA Games 2021 dari cabang olahraga (cabor) kickboxing. Menariknya, ia merupakan mantan atlet wushu.

Amanda sukses melaju ke semifinal nomor low kick female 52 kg. Kepastian itu didapat usai mengalahkan Mimi Yoysaykham asal Laos dengan skor mutlak 3-0 di Bac Ninh Gymnasium, Minggu (8/5).

Amanda menjadi kickboxer Indonesia pertama yang sukses menginjakkan kaki di semifinal. Sementara langkah dua wakil lain yang turun hari ini yaitu Brian Alfa Ferdinand Lawitan dan abdul Muis harus terhenti di perempat final.

Kesuksesan Amanda melaju ke semifinal terbilang mengejutkan. Itu karena wanita berusia 21 tahun itu berstatus debutan.

Lebih mengejutkan lagi karena Amanda baru masuk pelatnas kickboxing pada awal tahun ini. Sebelumnya ia berstatus atlet pelatnas wushu bahkan meraih medali perak pada ajang PON Papua.

Baca Juga:

Jadwal Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 pada 9 Mei

Asa Medali Emas dari Kick Boxing Masih Menyala

“Jadi awal tahun ini setelah PON, Aku tiba-tiba diajak persiapan seleksi buat pelatnas kickboxing tanggal 10 Januari. Pas seleksi puji Tuhan lolos," kata Amanda kepada BolaSkor.com.

"Terus seleksi berikutnya yang di TVRI juga lolos lagi. Mungkin memang rezekinya di kickboxing."

Amanda sebenarnya bukan satu-satunya atlet wushu yang beralih ke kick boxing. Pada kontingen Indonesia di SEA Games 2021 ini setidaknya ada dua nama lain.

Hal ini tentu menarik karena wushu dan kick boxing merupakan olahraga yang berbeda. Cepatnya proses adaptasi menjadi bukti Amanda memang memiliki bakat.

“Kalau menurut aku lebih capek dan banyak PR-nya di wushu karena ada bantingan dan tangkapan. Kalau di kick boxing kan cuma boxing sama kick aja jadi basicnya sudah ada dan lebih enak di kickboxing," tambahnya.

Pada SEA Games 2021, kontingen kickboxing menargetkan minimal satu emas. Hal ini untuk melampaui pencapaian sebelumnya pada 2019 saat meraih dua medali perak.

Amanda berambisi memenuhi target tersebut. Ia akan tampil habis-habisan pada semifinal demi selangkah lebih dekat untuk meraih medali emas.

"Goals kita semua (kontingen kickboxing) harus bawa emas. Saya target pribadinya bisa medali emas agar membanggakan Indonesia," kata Amanda lagi.

“Namun kalau bisa naik podium saja itu puji Tuhan banget buat aku."

Kick Boxing SEA GAMES SEA Games 2021 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.976

Bagikan